Minggu, 25 Juni 2023

Pengalaman Daftar Haji

 cerita ini akan fokus ke pengalaman daftar haji, di luar drama2 kayanya ya kalo bisa hehe. 

jadi, setelah semua uang terkumpul, kita langsung ke bank syariah apapun untuk melakukan pendaftaran haji dan buka rekening haji. 

1. BANK SYARIAH
disana kita bisa buka rekening online dengan cara download aplikasi mbanking BSI, karena saya daftar via BSI. kemudian setelah punya account bisa langsung ke CS untuk ini itu segala macemnya. nah saya sudah punya rekening BSI, jadi sangat mudah sekali buka rekeningnya, tau tau ada. wkwk

kemudian sampai di CS, kami disapa dengan ramah dan langsung diprintkan buku. kak suami juga dibuatkan rekening non haji untuk transaksi harian dan ada kartu ATM nya. sedangkan untuk rekening haji, gak ada kartu ATM nya. saat itu, kita diminta untuk setor dana minimal 25jt dan harus ada dana beku minimal 50rb. jadi saat itu kami isi saldo rekening haji langsung 25.100.000. 
setelah itu, dana 25 jt langsung dibayarkan ke depag untuk daftar haji. setelah dibayarkan nanti ada nomor validasi yang akan diminta oleh CS BSI. nomor itu kita serahkan ke mereka, kemudian akan ada email masuk ke kita yang file tersebut harus dikirimkan dan dicetak ke BSI sebagai bukti pendaftaran. karena yang bisa ngeluarin cuma dari bank. 

setelah itu saya rasa, saya lebih banyak gak ngapa2innya. karena mbaknya sibuk ngetik depan komputer. 
ohya, saya juga ditanya mau nabung autodebet ke rekening haji itu gak, terus saya bilang iya boleh. minimal nabungnya 100rb dan minimal ikutan programnya setahun. jadi saya ikutin dulu program tersebut. habis itu dapet gelas ~
rekening itu autodebet dari rekening BSI saya dan bisa langsung masuk ke rekening haji saya dan kak suami. alhamdulillah. 

setelah itu kami langsung gas ke depag. satset. 

2. KEMENAG JAKTIM
sesampainya disana, kami dikasih map hijau yang perlu diisi untuk pemberkasan pendaftaran haji. disana, ada persyaratannya apa aja dan diisi. 
- form validasi bank
- ktp
- kk
- buku nikah
- pas foto

pas foto itu isinya 80% muka doang, yang perempuan gaboleh pake kerudung putih, laki2 gaboleh pake peci. cari detailnya di gugel deh. terus juga foto ktp itu sebesar A4. 
tapi disana ada koprasi yang bisa cetak dan fc sesuai ketentuan, jadi kalo emang ada dana lebih bisa langsung kesitu. saya foto, cetak foto, dan fc berkas total 75rb, kak suami yang cuma cetak foto dan fc berkas 25. jadi total 100rb.

setelah dari situ, berkas lengkap kami langsung ambil nomor antrian. dan ketika dipanggil mereka cuma cek kelengkapan berkas. habis itu disampaikan kalo nanti akan dipanggil lagi untuk cek data dan biometric kaya foto lagi. 

setelah itu kami duduk, menunggu, validasi data, bener2 data detail, jangan sampe ada yang salah. selengkap-lengkapnya dan sebenar-benarnya. setelah itu kami langsung dikasih nomor porsi haji. setelah di cek in syaa Allah berangkat tahun 2050, semoga Allah mudahkan dan segerakan yaaa. mohon doanya.

secara umum si, semuanya cepet banget, setengah hari beres, kantornya juga adem, nyaman. tapi saya banyak husnudzhon soalnya jadwal yang saya pilih termasuk yang lagi sepi pas orang-orang bagi raport dan mungkin pada liburan heee. 

jadi alhamdulillah, pokoknya dalam waktu tiga hari, selesai ngurus KK KTP suami istri dan juga selesai daftar haji. alhamdulillah, Allah Maha Baik. 

mohon doanya biar bisa upgrade jadi haji furoda atau ONH plus. aamiin. atau Allah berikan kesehatan untuk ibadah haji. mana aja, yang penting Allah ridho, in syaa Allah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar