Senin, 14 Januari 2019

Harga Sebuah Percaya - Tere Liye

Satu lagi, terimakasih atas buku pinjamannya!

Bahwa membeli buku adalah investasi terbesar dan terbaik, maka meminjamkan buku adalah amal yang terhebat. Dan meminjam buku adalah sebuah usaha memberikan ladang amal bagi si pemilik.

Harga sebuah percaya adalah sebuah novel yang diterbitkan ulang dari buku yang berjudul Sang Penandai. Ia adalah novel full fiction yang tidak akan pernah terjadi dikehidupan nyata hari ini.

Bagaimana mungkin terjadi?

Setiap jalan kehidupan kita, kita yang menentukan. Tidak akan pernah barang setitik pun ia berubah karena didatangi oleh Sang Penandai.

Siapa itu Sang Penandai?

Ia adalah tokoh pendamping setiap kisah. Ia membantu Jim dan tokoh lainnya untuk tetap optimis menjalani hidup. Ia memberikan perjuangan tanpa akhir hingga kisah berikutnya dapat dijalani dengan baik.

Entah, tapi novel ini banyak menghasilkan optimisme. Tidak boleh tersimpan guratan pesimis hanya harena tak tercapainya sebuah kisah sesuai harapan. Tak boleh.

Agar optimisme tetap terjaga, Sang Penandai pun hadir. Menjanjikan dongeng bagi setiap individu walaupun semua masih mempertanyakan seperti apa itu akhirnya.

Dongeng dongeng tentang Tanah Harapan menghasilkan maknanya masing masing.

Pertempuran dan peperangan membuahkan hikmahnya sendiri sendiri.

Sarat makna dan kaya hikmah. Ia memperjuangkan dan diperjuangkan. Ia optimis dan menghilangkan pesimis namun memaklumi pesimisme.

Ia menjanjikan perubahan bahwa yang lemah hanya perlu dikuatkan. Bahwa yang bodoh hanya perlu diajarkan. Hanya mereka yang sombong yang abadi dalam kegagalan.

Ia hanya perlu banyak belajar dan bersabar dalam belajar.

Satu lagi, buku kaya hikmah.

Makasih Bang Tere.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar