Kamis, 04 Maret 2021

Sang Pangeran dan Janissary Terakhir

 Sebuah review.


Buku ini sebenernya udah gue punya dari 2019 ya. Lama banget hahaha. Tapi akhirnya baru selesai dibaca tadi pagi, ya gimana dong memang ternyata bukunya walaupun fiksi tapi sejarah. Maksudnya sejarahnya dapet banget. Dan gue agak kesulitan baca alurnya yang maju dan mundur gitu. Dan maju mundurnya gak yang sehari dua hari, sebulan dua bulan, langsung lima tahun, 12 tahun atau tau-tau sampe masanya Daendels. Kan jauh banget ya. Tapi karena dengan niat yang kuat dan kasian juga sama bukunya yang gak gue baca baca, akhirnya gue putuskan buat baca. Alhamdulillah. Akhirnya selesai.

Jadi, kalo diminta satu kata buat buku ini, gue gak bisa si. Karena terlalu banyak yang ingin gue tuliskan. Ini novel ter apa ya, ternyata kayanya. Paling nyata yang gue baca. Gue seolah bisa ngeliat pangeran diponegoro dibagian akhir novel ini.

Jadi emang buku ini tetralogi, jadi gue pikir bakalan ngomongin Pangeran Diponegoro terus sampe empat bukunya beres. Eh ternyata malah selesai dibuku satu ini. Dan apa yang terjadi sodara-sodara ketika gue selesai baca buku ini. Hmm.

Gue terakhir sesedih itu baca novel ketika Api Tauhid ngomongin runtuhnya Turki Ustmani. Ternyata, gue baca buku ini lebih sesenggukan. Yaampun, kaya orang abis diputusin. Sedih banget.

Karena emang senyata itu kisahnya. Bahkan ketika Pangeran Diponegoro dikhianati sama Belanda, ya Allah, gue bener-bener cuma bisa doa semoga Allah ridhoi perjuangan Perang Sabil, Perang Jawa ini. Bahkan dibagian ketika nyeritain gimana Pangeran Diponegoro dipengasingan, benteng Makassar dengan kondisi penjara yang jauh dari kata layak. Aduh gue udah gak sanggup. Tapi Pangeran Diponegoro sabar aja gitu. Disitu gue sesenggukan parah. Aduh, itu rasanya ya kaya patah hati banget. Gue berharap orang-orang yang berbuat jahat ke Pangeran Diponegoro diberikan balasan terbaik dari Allah. 

Cuma ada satu si yang menghibur banget, ketika dicatatan kaki Ustadz Salim nulis tntang Perang Sabil yang dikobarkan Pangeran Diponegoro ini adalah efek bola saljunya kemerdekaan. Jadi karena Perang Jawa, akhirnya kas belanda kosong, terus Van den Bosch bikin Tanam Paksa (cuulturstelsel) abis itu akhirnya di Belanda ada yang nuntut politik balas budi, lahirlah politik etis, terus dari politik etis lahirlah kaum pembelajara, dibuka sekolah dan pemuda pada jadi berilmu akhirnya bisa memperjuangkan kemerdekaan dengan cara yang baru.

Gue sangat, sangat, terharu dengan novel ini. gue secara emosional tidak memiliki kedekatan dengan tokoh sebelum pergerakan nasional. Wkwk. Tapi yes, gue bisa memahami dengan baik bagaimana perjuangan Ciptomangunkusumo, Douwes Dekker, apa yang dikepala Soekarno, Hatta, Agus Salim. Gue bener-bener bisa memasukkan hati gue ke kisah pergerakan. Tapi sebelum pergerakan kaya pas kolonial terus perlawanan itu, gue gak memasukkan hati gue ke kisah-kisah itu. 

Melalui buku ini, gue, akhirnya, memahami kenapa kita perlawanannya kedaerahan, kenapa akhirnya ada Londo Ireng (orang nusantara yang mendukung belanda). Ini gak mudah sampe kesini, sampe akhirnya gue bisa merasa memiliki kedekatan emosional dengan Pangeran Diponegoro, tentu ini jangka panjang ya. Tapi dari perjuangannya gue bisa sehusnudzon itu sama Pangeran Diponegoro.

Fix si, emang gue suka sama Ustadz Salim dan tulisannya. Tapi novel ini, terlalu nyata. Perjuangan Pangeran Diponegoro bener-bener merupakan sebuah hal yang harus kita ingat terus bahwa ada seseorang yang berjuang untuk melawan Belanda walaupun dengan semangat yang tidak sama dengan semangat yang ada pada masa Pergerakan Nasional. Dan masuk akal juga kenapa dulu dibilang nya perlawanan yang kedaerahan. Dulu tu ibaratnya Jawa sama Sumatra udah beda kepemimpinan. Udah gak satu suara, jiwa raga kaya kita sekarang. Ibarat mah Singapura malaysia, malaysia brunei, tetangga tapi beda pemerintahan. Namanya juga jaman kerajaan. Jadi gak bisa dibenarkan juga kalo perlawanan dibilang bersifat kedaerahan, orang emang masing-masing berjuang aja. Belum ada semangat persatuan juga. Ada sih, persatuan di bawah wilayah kerajaan masing-masing.

Tapi ini novel sangat perlu dibaca untuk pencinta sejarah dan suka novel fiksi. Bagi yang butuh kedekatan emosional dengan Pangeran Diponegoro kaya gue juga, perlu baca novel ini.

Semoga kita dapat memetik sebaik-baik hikmah dari novel ini ya. In syaa Allah :)

1 komentar:

  1. Baca riview Lo aja gue udh pusing Mak wkwkwk . "Sejarah" bikin kepala berat ga sih ekekwk. -mayapandinia- kali Lo penasaran gue siapa

    BalasHapus