Kamis, 21 Juni 2018

Tentang Menjadi Rider

Suatu kebanggaan tersendiri si buat gue yang pada akhirnya bisa mengendarai motor sendiri. Sebenernya dari kelas 4 SD udah gak asing sama motor gigi karena sering muterin lapangan SD sambil bawa motor ayah. Pas SMP sering muter muter komplek di rumah sambil boncengin orang juga. Motornya gigi pun, ya sudah masuk dalam kategori bisa naik motor lah ya.

Eh pas memulai kisah sama Rawamangun, kok ya Jakarta jadi menakutkan gitu ya buat gue. Kaya horor banget gitu si, udah gitu orang orang nya kaya gak sabaran gitu. Gabisa diginiin aku tu :'

Akhirnya gue gak lagi lagi nyoba naik motor. Di sekolah juga sesekali minjem motor orang yang matic, gigi, tapi gak juga lancar hahaha. Orang jalan sama gue bawa motor juga cepetan mereka yang jalan cepet.

Begitu terus sampe kuliah, kisah gue sama Rawamangun belom berakhir.

Tapi disemester akhir kuliah, gue sadar kalo gue harus bisa naik motor. Alasan terkuatnya adalah karena gue harus nyampe Rawamangun jam setengah tujuh buat ngajar di sekolah. Waktu itu gue kuliah di UNJ dan praktek ngajar di SMK 26.

Bismillah akhirnya kebeli juga motor matic hasil nguli ngajar. Alhamdulillah.

Minggu minggu awal, gue gak berani nyoba kan hahaha. Takut jatoh. Sampe akhirnya ayah gue ngomel sambil bilang, "kamu ngapain beli motor kalo gak dipake!" terus gue ketawa tawa abis itu belajar lah gue dengan sungguh sungguh.

Pokoknya ketika gue belajar motor, seluruh dunia kaya menyingkir buat ngasih jalan ke gue gitu si, kaya mereka tau ada orang tua baru mau belajar naik motor, hahaha.

Agak lama, akhirnya gue bisa.

Ketika stnk keluar, gue mager naik tj, akhirnya gue nekat bawa motor ke kampus. Ayah gue nanya ke adek gue, "ka husna udah bisa bawa motor ke kampus belom menurut kamu?" saat itu juga gue liatin adek gue sambil cengar cengir kode. Akhirnya dia bilang, "bisa kali."

Terus gue berangkat aja deh, nekat.

Dan alhamdulillah, gak pernah jatoh :'
Cuma pernah sekali hampir ngelindes kaki mas mas depan gue. Tapi alhamdulillah gapapa, cuma diliatin aja si hahaha.

Gue juga udah bisa bawa motor antarkota, so proud of myself :'

Banyak hal yang gue pelajari sekali si dengan menjadi rider ini. Kaya gue biasa memanfaatkan macet buat bales chat, baca, nulis, cari inspirasi, etc. Terus sekarang dimotor kan gak mungkin ya sambil sambil hahaha.

Adaptasi sampe bener bener terbiasa jadi rider juga butuh waktu berbulan bulan. Belom lagi kalo sehari gabawa motor, besoknya pas bawa motor kembali oleng sodara sodaraaaaa.

Gak bisa dan gabiasa bawa motor selain motor gue. Tegang dan berbagai hal lainnya. Wah banyak.

Tapi yang paling berharga emang selalu tentang waktu si. Suka bingung mending naik motor dan cepet nyampe tujuan tapi gabisa ngapa ngapain atau naik tj lama, waktu nyampe gabisa diprediksi tapi bisa ngapa ngapain.

Sulit memang.

Tapi alhamdulillah nya motoran itu hemat uang banget. Bayangin, kalo ngangkot bisa sampe 25rb pp ngampus doang. Belom lagi kalo mau ngajar. Rumah murid yang tidak dilewati angkot mesti banget naik gojek karena butuh waktu lamaaaa banget kalo jalan kaki.

Jadi sebenernya motoran juga memudahkan si hehe.

Terus, gue juga seneng banget ngeliat respon orang orang yang tau banget kalo gue gabisa naik motor dan sekarang udah bisa naik motor. Mulai dari mata mereka yang kudu adaptasi dengan perubahan gue, mereka yang kangen tiba-tiba gue minta bareng, ada juga yang bilang kalo gabisa nganterin gue pulang padahal niat awalnya mau curhat.

Menyenangkan sekali respon respon itu, tapi yang paling gue seneng adalah akhirnya gue bisa kemana mana sendiriii hahaha. Kalo dulu nyasarnya karena kelewatan turun angkot, sekarang nyasar karena emang gatau jalan dan gabisa baca peta hahaha.

Konyol juga si kadang, ngeliatin orang yang gue kenal sambil masang muka senyum, terus gak sadar kalo gue make helm lengkap dengan masker, jadi jelas aja mereka gatau gue, apalagi gatau kalo gue senyum ke mereka, hahaha.

Menurut gue, menjadi rider ini seru banget, sudah dijelaskan diatas ya. Dan setahun menjadi rider walaupun belom bener bener setahun, akhirnya mengajarkan kalo gue mau pasti bisa. Mau belajar, mau usaha, mau mencoba, pasti bisa. Gada kata gabisa. Ya gitu, intinya nyoba. Soalnya kalo gak nyoba ya kita kalah sebelum berperang. Dan kalah sebelum berperang adalah seburuk buruknya kekalahan.

Azeeek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar