Selasa, 03 Maret 2020

I'm trying to be careless

Entah apalagi sebutan untuk kondisi yang diawali dengan istilah globalisasi ini. Proses mendunia, menghubungkan satu sama lain, entah sudah pernah diprediksi atau belum bahwa proses globalisasi ini benar-benar menghilangkan privasi seseorang.

I'm tired. 

Beberapa jam lalu saya dapet postingan wa di grup yang di forward katanya dari si suspect corona. Si perempuan ini cerita tentang betapa privasi nya, identitas bahkan sosmednya rame dengan orang orang. 

Ah engga ngerti. 
Maksudnya gini, saya juga seorang pemain sosmed dan cukup aktif. Kasus yang ada justru ngebuat saya makin mempertanyakan keabsahannya. Kroscek dua kali dan hanya percaya media tertentu juga saya lakukan.

Pun ketika ada orang suspect corona, gada sedikit pun terlintas untuk nyari tau siapa dia, kerja apa, mainnya sama siapa. Bahkan saya gapernah kepikiran bahwa ada orang yang ngebongkar identitas dia. 

Duh kenapa ya orang orang ini kalo udah tau sesuatu tu gabisa gitu pura pura aja kalo dia engga tau?

Atau

Misalnya abis nyari tau sesuatu, terus kita dapet info, kan gak kemudian mengharuskan kita ikutan komen disitu atau share ke berbagai dunia tentang hal tersebut.

Kan bisa ya diem diem aja. 
Saya abis stalking diem diem aja kok, kalo ngobrol sama orang dan keliatannya dia excited walaupun saya udah tau, saya selalu berusaha menyimak tanpa memotong dengan bilang "iya gue udah tau"

Ah itu ngeselin. 

Kita gak jadi bodoh kok hanya dengan diam. Justru malah kita jadi bijak. Lain kalo kita lagi di kelas, forum diskusi, kita harus keluarin pemikiran kita, berbasis data.

Balık lagi, maksudnya apa coba ya menghilangkan batasan batasan mana ruang privasi dan mana ruang publik. Saya sangat merasa kita ini harus belajar untuk ngurus urusan sendiri aja. 

Rumah tangga orang biar dia aja yang tau

Cobalah jadi cerdas dan memiliki hati. 
Globalisasi itu keren, tapi ketika privasi orang dilanggar, duh gak setuju. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar