Kamis, 03 Januari 2013

Kambing Hitam


Kambing hitam.

Apasih yang ada dipikiran kalian kalo denger kata kambing hitam?
Gue yakin bukan kambing yang warnanya hitam atau temennya kambing jantan (?)
Kambing hitam itu nyalahin sesuatu atas kesalahan yang udah kita perbuat atau kekurangan yang ada di diri kita. Kurang lebih inti dari artinya itu begitu.
Hampir semua orang gak mau ngakuin kesalahan atau kekurangannya. Mungkin daripada harus ngakuin itu mendingan nyalahin orang lain yang emang mungkin salah satu penyebab kesalahan itu. Tapi gue pernah dikasih tau sama senior gue, “jangan nyari alesan tapi cari solusi.”
Nah kata kata ini emang awalnya Cuma angina lewat doang. Cuma sekedar didengerin doang. tapi setelah gue kesel sama orang gara gara ngasih alesan terus atas semua kesalahan yang udah dia lakuin, gue jadi mikirin kata kata senior gue tadi. Berarti bener, jangan nyari alesan tapi cari solusinya. Ngasih alesan dan berharap orang lain akan bilang, “oh iya, yaudah gapapa.”
Mungkin dalam beberapa hal dan kesempatan yang berbeda, alesan masih bisa diterima. Tapi kalo udah masuk ke urusan yang serius, alesan udah gak diterima lagi, yang kita perlukan adalah solusi.
Contoh, ‘MACET’ udah ada berapa ribu orang Jakarta yang jadiin ‘macet’ sebagai alesan dia telat. Mengkambing hitamkan kemacetan. Padahal semua orang di Indonesia terlebih lagi warga Jakarta sendiri tau kalo macet itu udah kaya bagian utamanya Jakarta. “aduh sorry telat, biasa macet” nah, dia udah tau kalo macet masih aja telat. Padahal tanpa harus mikir lama lama juga dia udah tau solusi menghindari keterlambatan dari macet adalah dengan berangkat lebih awal. Tapi Cuma ada sedikit orang yang menerapkan kaya gini sih.
Nah, balik lagi ke kambing hitam, buat apa sih mengkambing hitamkan sesuatu atas kesalahan atau kekurangan yang kita perbuat? Ini gak akan membuat kita maju. Saat kita mengkambing hitamkan sesuatu, otomatis kita nyalah nyalahin hal itu kan? Padahal mungkin aja dia gak salah atau mungkin kesalahan ada di kita yang gak mau sedikit aja usaha.
Lebih baik kita sadar diri dan ‘ngaca.’
Udah berapa hal yang kita jadiin kambing hitam karena gak mau disalahin?
Udah berapa kali kita mengkambing hitamkan sesuatu karena gak mau disalahin?
Saat mengkambing hitamkan sesuatu, apa kita yakin itu alasan sebenarnya?
Apa sesuatu yang kita kambing hitamkan itu emang bener bener salah atau Cuma ‘pelarian’ dari kesalahan?
seharusnya kita sadar, mengkambing hitamkan sesuatu gak akan pernah bikin kita ngerasa puas. Kita hanya ngerasa tenang sesaat, tapi yang kita kambing hitamkan? Mungkin suatu hari nanti kita akan kena karma karena mengkambing hitamkan sesuatu.
Inget, cari solusi bukan alesan. Buat apa ngasih beribu alesan kalo emang kalian salah?
Saat mengkambing hitamkan sesuatu, otak kita akan berpikir lebih keras dibandingkan dengan harus mengakui kesalahan. Hemm, tapi otak kita juga berimajinasi sendiri kalo kita mengakui kesalahan mungkin nanti akan dimarahin atau kena hukuman. Padahal kalo kita mau berpikir positif, kalo kita dimarahin atau kena hukuman kan kita akan takut atau gamau ngelakuin kesalahan lagi, iya kan? Kita jadi berhenti nyari nyari alesan dan kita akan cari solusi supaya gak kena marah atau hukuman lagi. Nah, ini namanya pikirannya maju. Tuh kan, kerasa banget bedanya.
So, jauh jauh deh yang namanya mengkambing hitamkan sesuatu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar