Sabtu, 31 Desember 2016

Pernah memikirkan tentang sistem penghitungan tahun? Penentuan masehi? Aturan penanggalan? Dan kenapa ada masehi dan sebelum masehi? Bagaimna penetapannya? Apa yang menyebabkan aturan tersebut disepakati sampai hari ini?

Penasaran? Samaaaa 😂

Dalam bahasa Inggris atau buku sejarah yang saya punya, sebelum masehi sering juga ditulis sebagai BC yaitu Before Christ.
Hasil gugling, masehi itu ditetapkan saat hari kelahirannya Isa Al-Masih.
Tapi kan hari natal diperingati sebagai hari kelahiran yesus~
Jadi penghitungan ini kurang kredibel lah ya. Hasil gugling saya juga mengatakan kaya gitu.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Dulu, bulan itu cuma ada 10, lalu bertambah dua menjadi dua belas.
Pernah denger Julius Caesar?
Nah dia ini banyak mengatur tentang kalender. Hasil gugling lagi, pada zamannya Julius Caesar ini, sempat menerima anjuran ahli perbintangan Mesir untuk memperpanjang tahun 46 SM menjadi 445 hari dengan menambah 23 hari pada bulan Februari dan menambah 67 hari antara bulan November dan December.

Saya jadi meragukan perhitungan masehi~

Lalu pas saya ngebahas confusius yang hidup 2000an tahun SM bener 2000tahun yang hitungannya kaya sekarang gak ya?

Nah jadi penghitungan diatas disebut sebagai kalender Julian.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Terus sekarang pake kalender yang mana?

Hasil gugling lagi nih ya 😂
Katanya pake Gregorian Calendar. Hasil dari Wikipedia yang bahasa Inggris, *kata dosen saya, Wikipedia bahasa Inggris bisa dijadikan sumber karena biasanya ditulis dengan referensi yang dapat dipercaya.*

Gregorian calendar adalah penyempurnaan dari kalender Julian. Kalender Julian ini menetapkan bahwa satu tahun ada 365, 25 lalu diubah jadi 365.2425 hari. Penghitungan ini juga didasarkan pada penghitungan hari paskah.

Gregorian calendar ini ditetapkan pada 1582 oleh Paus Gregory XIII. Dan tau gak, pada saat itu gak semua negara di Eropa menggunakan penanggalan tersebut. Baru pada 1900an hampir seluruh dunia menggunakan penanggalan ini sebagai penanggalan resmi.

Tapi pada akhirnya semua agama menggunakan penanggalannya masing-masing, dan yang gamau pusing, tinggal terima jadi 😂😂😂
*Kaya saya heuheu.

Source nya cuma dari gugel, itu pun random, dan mayoritas dari blog blog orang, hehehe.
Saya cuma penasaran aja, yang juga penasaran silakan gugling atau cari bukunya aja, tapi pasti kalian akan menemukan bahwa kalender itu adalah sesuatu yang rumit ~

Btw, its just a calendar. the point is, how do you spend your time. Is it useful or wasted. Prepare your "last day" it would come very soon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar