Sabtu, 09 September 2017

Dua Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Tersertifikasi

Hari ini yang namanya S1 sudah bukan lagi hal yang wah. kemudian orang-orang menyadari bahwa S1 aja gak cukup. akhirnya mereka pun berbondong-bondong daftar S2. Tapi sampai sini, apakah lantas mereka yang sudah S2 dapat dianggap sebagai orang-orang yang telah mahir dibidangnya? Apakah orang-orang yang telah S2 kemudian sudah diakui kemampuannya sehingga dijadikan solusi dari berbagai masalah? 

kamu punya temen yang sudah lulus S2 tapi belum juga diangkat jadi PNS? 
kamu punya temen yang sudah lulus S2 tapi belum juga diakui kemahirannya dalam bidangnya?
kenapa ya, orang-orang yang telah memberikan waktunya untuk belajar mati-matian meraih gelar setinggi-tingginya, tapi belum juga diakui sebagai seorang ahli?

nah, sekarang ini kita ketahui bahwa setiap disiplin ilmu telah melahirkan sarjana-sarjana yang katanya siap untuk bekerja atau mengabdikan dirinya untuk masyrakat. tapi ternyata, bagi beberapa bidang pekerjaan, sarjana aja gak cukup. contohnya, sarjana pendidikan gak berarti ngebuat kamu jadi seorang ahli pendidikan atau minimal guru yang diakui kompetensinya. sarjana teknik, belum berarti kamu diakui mampu memecahkan masalah tentang permesinan.

mungkin bagi beberapa orang, apalah arti selembar kertas pengakuan bahwa kita telah kompeten dibidangnya. tapi, ternyata pertanyaan yang berbentuk pernyataan ini salah. kenapa sih kita harus diakui bahwa kita ini kompeten dibidang yang kita geluti, atau bahasa kerennya kenapa sih kita harus tersertifikasi?

1. Semua Butuh Pengakuan

iya, sederhananya, semua butuh pengakuan. buat apa lama-lama berjuang tapi gak diakui? ya kan. kita memang sudah belajar bertahun-tahun. untuk menjadi seorang sarjana ternyata gak instant. tetep harus SD, terus SMP, abis itu SMA baru kuliah minimal empat tahun atau 3,5 tahun bagi yang cepet. setelah lulus S1, tapi kita belum diakui oleh orang-orang bahwa kita ini adalah seseorang yang ahli dibidang kita. wah, rasanya pasti pengen ceritain betapa sulitnya dapetin gelar S1 kan? 

tapi wajar loh, hari ini kita ketahui bahwa hampir setiap pekerjaan, setiap disiplin ilmu, butuh yang namanya bukti bahwa kita bener-bener diakui kompetensinya. dan memang, bukti itu bisa mereka dapatkan dari selembar kertas yang namanya sertifikat. kalo kita sudah bisa memberikan sertifikat bukti kita diakui kompeten dibidang kita, maka mereka pun pasti langsung percaya.

2. Kita Perlu Memahami Bidang Kita dengan Sungguh-sungguh

ya gak sih hari ini kita ketahui banyak mahasiswa yang salah jurusan. jadi wajar ketika mereka lulus, pertanyaan apakah dia beneran sarjana yang kompeten bermunculan. belum lagi ketika sebuah kantor menerima berbagai CV dari fresh graduate. 

dengan sertifikasi, kita sendiri juga lebih memahami sebenernya bidang apasih yang kita geluti. hal-hal apa saja sih yang harus kita kuasai dalam bidang kita tersebut. makanya, dengan sertifikasi kita bisa lebih sungguh-sungguh dalam memahami bidang kita sebenernya.



biasanya setiap orang, ketika akan ujian sertifikasi, mereka akan belajar di lembaga kursus, disitu akan ada berbagai latihan soal, praktek dan gambaran-gambaran apa yang akan mereka hadapi saat ujian sertifikasi nanti. so, pilih lembaga kursus juga jangan sembarangan, cari yang kualitasnya terjamin. karena biasanya biaya untuk sertifikasi itu gak murah, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk sertifikasi ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar