Selasa, 16 April 2019

Sejam Bersama Kanita


Well, ceritanya gue kemaren berangkat ketika sudah khusnudzon bahwa hujan tidak akan turun sebelum gue sampe kampus. And that was totally wrong.
Baru 10 menit rasanya, tiba tiba hujan turun dengan derasnya.
Gue mikir mau minggir kemana, terus yaudah setelah agak basah baru gue nemu tempat yang kaya warung. Gue engga jago parkir dan ngeluarin motor sebenernya jadi asal naro aja. Setelahnya gue masuk warung.
Bingung mau ngapain, akhirnya gue geser geser dan ternyata pas banget disebelah nya ada tempat print.
The story started there.
Gue ngeprint, numpang buka gdrive di komputer ibunya, and so on just like others. Totally normal. Until my task totally finished printed out. Masuk ke tas dan gue mulai buka buka hape, cari wifi karena gue males buat beli kuota tapi banyak yang hangus.
Bosen, akhirnya gue liat di sebelah gue ada anak kecil. Anaknya si ibu yang punya tempat print dan gue mulai obrolan.
"nonton apa?"
Basa basi, padahal gue udah tau dia lagi nonton unicorn.
"eh yang itu siapa namanya."
Eh gataunya dia langsung jawab. Wah, kesempatan nih.
Akhirnya dia mulai nyebutkan nama nama unicorn, pinky pie, rainbow dash, twilight, princess luna dll. Kayanya kemaren pertanyaan gue tentang apa itu unicorn dan why kids so love unicorn got the answer because of her.
Gue menikmati setiap ceritanya bahkan sampe nonton para unicorn bikin ramuan sampe akhirnya rainbow dash bisa terbang dan ketemu power puff girls.
Gile, dulu gue nonton power puff girls, kenal kartun itu cuma dari tv. Sekarang anak anak udah harus buka youtube dong ckck.
Dia mulai nunjukin berbagai tontonan yang biasa dia liat sampe ketika gue mulai ngantuk dan meleng, dia dengan sigap manggil,
"eh eh liat tuh nanti rainbow dash terbang"
"oh yaaa? Wooww. Mana mana?"
"tunggu dooong, sebentar lagi."
"Oooh hahaha okee siap, kita harus sabar ya nunggunya."
Terus gitu lagi, beberapa kali dia bilang gue buat sabar dan tungguin apa yang akan terjadi berikutnya. Ma syaa Allah pinter deh.
Gak lama tontonannya ganti, spongebob. Awalnya normal, tentang Patrick yang mau jadi kudanya koboy. Terus dia nunjukin satu video dimana pas gue nonton, everything seems normal maybe. Tapi ternyata engga. Ketika dia ketawa tawa sambil nonton, gue mulai ngerasa kok aneh ya?
Jadi di video itu, you guys can watch it by searching "Spongebob on a gender swap" and tell me what you find out.
Gue ketika nonton itu bener bener langsung mikir ini propaganda banget!
Spongebob yang kita kenal sebagai laki-laki, disitu mulai dandan jadi perempuan. Semua gaya spongebob yang laki-laki, selalu ada versi perempuannya.
That's a big problem menurut gue. Khawatir si anak kenapa napa, akhirnya gue mulai bilang.
"spongebob tu laki-laki atau perempuan si?"
"laki-laki"
"kok dia dandan kaya perempuan ya, bagus gak si kaya gitu?"
"enggak."
"nah kan, gak bagus. Jangan diikutin yaaa."
Dia diem
"kalo spongebob laki-laki kan harusnya pake baju laki-laki ya"
Dia juga diem
"masa spongebob laki-laki jadi spongebob perempuan. Kan gak bagus yaa."
Dia ngangguk ngangguk sekarang.
Akhirnya dari pertemuan itu gue malah jadi banyak mikir. Oh ternyata ini ya maksud dari tulisan BO di tv ketika gue nonton tv dulu. Gue nanya ke ayah BO itu apa SU itu apa gitu gitu.
SU itu semua umur
BO itu bimbingan orang tua.
Jadi apapun yang anak tonton, kalo ada BO berarti anak gaboleh nonton sendiri dan harus didampingi.
Sekalipun youtube, tapi even youtube kids masih harus terus diawasin oleh orangtua setiap nontonnya. Apalagi sekarang propaganda LGBT itu lagi maraknya. Mungkin kita yang udah besar dan paham agama bisa gitu berusaha menghindari.
Tapi anak anak mana tau kan, menurut dia lucu ya ditonton. Dia itu nontonnya sambil ketawa tawa, justru ketika gue ngeliat dengan takutnya gambar gambar spongebob yang sebagai perempuan. Dia bahkan nutup satu gambar yang gaboleh diliat sama gue dan bundanya. Berarti dia paham dong kalo ada yang salah dari gambar itu.
Ini PR besar si buat kita semua. Ketika memutuskan untuk berkeluarga apalagi punya anak, berarti kita punya PR untuk mengajari mereka tentang aturannya Allah.
Gitu.
Terus bundanya akhirnya ngobrol juga sama gue, nanya baru liat ada anak UNJ disitu biasanya BSI, Unsada atau Gundar. Bahkan yang bikin gue mikir juga bundanya bilang kalo dia itu anak yang tertutup gak mudah akrab sama orang. Tapi kok sama gue diajak ngobrol langsung mau ya.
Alhamdulillah hehehe
Pas pamitan, bundanya bilang nanti mampir lagi ya kaaa 
Ya lucu aja mampir bukan buat ngeprint tapi silaturahim nanti, wkwk gapapa. Udah lama gak ngobrol sama orang asing sampe yang seakrab itu hee.
Dijalan gue juga mikirin lagi kata kata bundanya, kenapa dia semudah itu buat akrab sama gue.
Pas banget kondisinya sama pertemuan gue kemaren sama temen ngaji gue. Dia bilang gini,
"anak itu, gamau digendong sama orang yang lagi bermasalah hatinya. Jadi kalo kondisinya lagi gak stabil, anak cenderung nolak untuk digendong, atau ketika udah digendong dia bakalan tetep nangis."
Mungkin saat itu kondisi emosional gue sedang baik makanya kanita bisa dengan mudah ngobrol sama gue.
Dan hal itu juga gue buktikan pas gue di Pare. Ceritanya ibu kita itu punya anak umur setahunan, terus ditinggal sama ibunya dan dititip ke kita, bentar doang. Lupa pun gue siapa namanya hahaha.
Karena udah banyak anak yang main sama dia, akhirnya gue ngeliatin aja dari jauh sampe akhirnya anak ini nangis. Semua gantian menghibur, gendong dan berbagai gaya lainnya. Anak ini masih nangis, akhirnya gue samperin dan gendong.
Seketika anak ini diem gaes.
Wah amazing. Gue sebagai orang yang gatau apa apa langsung kaget. Temen temen gue juga kaget. Akhirnya diambil lagi sama temen gue dan dia nangis lagi. Yaudah, gue ambil dan gendong aja deh wkwk
Alhamdulillah si pengalaman banget.
**************************
Jadi, ada berapa point yang bisa diambil dari tulisan gue?
Mudah mudahan sekedar curhatan ini bernilai pahala dan berbuah segudang hikmah yak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar