Jumat, 19 April 2019

Ana Khoirun Minhu!

Barangkali penyakit ana khoirun minhu ini adalah salah satu penyakit paling parah tapi paling halus yang bahkan kita gak sadar kalo kita sedang mengidap penyakit itu :(

Sedih.

Terlalu banyak yang berseliweran di medsos beberapa tahun belakangan ini. Kenapa ya dunia maya ini begitu sulit untuk dikondisikan.

Share yang baik, dibilang pencitraan.
Gak ngeshare dibilang hidupnya gak seru.

Ya gapapa si, orang berhak untuk berkomentar apapun. Kita pun tidak bertanggung jawab atas pikiran dan komentar mereka. Tapi... Tugas kita di bumi bukan untuk ngediemin mereka kan?

Ada orang yang bilang, gue si woles orang orang mau komen apa. It has nothing to do with my life. Tapi beneran, kita gabisa diemin mereka. Tapi sayangnya kita juga gabisa ngediemin mereka yang hobi komen dan menyalahkan orang orang itu.

Well, gue pribadi, dulu, dulu banget hobi yang namanya debat. Gue suka banget meluruskan pikiran orang orang yang menurut gue salah atau beda sama pikiran gue. Tapi, semenjak di Twitter ada yang namanya twit war dan di instagram ada yang namanya debat medsos, gue mendadak gak kuat ngeliat situasi hari ini.

Gue, mungkin seiring dengan pertambahan usia mulai bijak melihat perbedaan, tapi khawatirnya sok bijak melihat perbedaan akhirnya ngebiarin kesalahan kesalahan.

Astagfirullah.

Yang paling parah itu, semua debat gue rasa bermula dan bermuara pada ana khairun minhu. Gue lebih baik dari elu.

Gue suka liat Instagram, terus kadang emang gue yang akhirnya ngeliat komentar dari postingan orang orang. Buka ig bem unj dan liat komen komennya juga bikin gemes kadang. Banyak sekali perdebatan. Tapi kalo debatnya cerdas dan ada datanya gue suka, bikin nambah pinter bacanya. Tapi kalo malah sebaliknya gimana?

Gue suka banget kalo ada debat di medsos yang akhirnya bilang, yuk ketemu kapan kita diskusiin ini lebih lanjut. Menurut gue itu konkrit si, daripada debat gak jelas di medsos.

Belom lagi drama drama fake account yang nambah panas hidup di media sosial ini. Padahal sebenernya kita bersosialisasi tu gak perlu perlu banget punya media loh 😅

Gue bahkan, ketika nulis ini, mulai berpikir apa gue sedang ana khoirun minhu? Apakah hanya karena gue gak debat di medsos menjadikan gue jauh dari kesalahan dan orang baik sedunia? Kan engga juga ya.

Tapi beneran, fenomena hari ini, kalian resah gak si?

Gue, sebagai guru, sekarang tu paling bisanya galak ke murid aja, ngasih tau tentang cerdas bermedsos, baca sebanyak banyaknya supaya gak ikut debat kusir tanpa data.

Tapi murid gue cuma dikit kan, gak sampe seIndonesia 😅

Pun juga belom tentu apa yang gue sampaikan langsung mereka lakukan. Apalagi pemilu ini rame banget gaes :(

Sedih banget bahas ini, ngeliat di ig, wa, youtube, bahkan disemuanya.

Yang gak ngerti lagi itu adalah ketika orang yang justru bilang spread the love bahkan bilang bijak bermedsos justru mereka sendiri yang memancing keributan :(

Katanya bercanda, lucu lucuan. Plis that's not funny at all.

Tolong lah:(

Beberapa kali gue mikir, vakum ig aja kali ya gue, stop main wa atau buka youtube aja kali ya gue. Just live my real life without social media.

Tapi, peran social control gue dimana dong sebagai manusia, hmm. Kalo medsos itu diisi sama orang orang yang ngeshare hal gak penting dan gak bermanfaat, makin jauh dari hal baik dong bahkan belom tentu ada orang yang bisa tersentuh karena postingan kebaikan.

Boleh kan ya kita mikirin ini?
Action for something positive.

Ah takut banget gue ada ana khairun minhu ini hinggap dihati gue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar