Selasa, 08 Oktober 2019

Adab Sebelum Ilmu

Akhirnya, buku yang dibeli dari Juli pun selesai dibaca. Alhamdulillah.

Buku ini berisi jelas banget tentang pentingnya adab. Adab sebelum ilmu. Sebelum mulai nuntut ini itu ke guru, berkaca dulu, udah bener belom adabnya kurang lebih gitu.

Buku ini terdiri dari banyak bagian, dibagian awal menyandingkan beberapa buku dengan isi yang sama dengan buku ini. Beberapa judul buku dengan berbagai pengarang disebut dibagian awal.

Saya gatau, tapi ternyata buku terjemahan arab itu emang punya gaya bahasa dan penulisan yang ketika diterjemahkan ke bahasa indonesia masih butuh penjelasan. Alhamdulillah ada temen yang bisa jelasin beberapa bagian dari buku ini.

Selanjutnya, buku ini juga berisi banyak syair, di bilangnya syair, entah apakah bisa disamakan dengan quotes yang hari ini kita kenal.

Well, karena saya juga gangerti bahasa arab (tapi sekarang udah bisa nanya dimana kunci kamar mandi pake bahasa arab, alhamdulillah) akhirnya saya baca terjemahan dari setiap syair.

Dan, menurut saya,
Hee,
Gatau si ya,
Gangerti kaidah bahasa Arab,

Jadi menurut saya,
Syair nya biasa aja hehehehe

Memang bagus kalimat nya, tapi syair nya ya macem quote gitu dan isinya berisi tips. Atau mungkin emang saya yang akhirnya tingkat ketertarikan pada syair nya rendah.

Tapi pasti ada pengaruhnya si karena saya gabisa bahasa arab, gangerti kaidah bahasa arab dll.

Terus, selain itu, sebenernya ketika baca buku ini, saya lagi ngaca si, apa siap beneran kalo punya murid yang adabnya bener bener kaya orang orang terdahulu.

Duh saya mah apa, ngajar senengnya sambil ketawa tawa, hobinya marah marah bahkan sesekali ngecengin murid.

Saya juga jadi ngaca, apa saya udah pantes untuk punya murid yang adabnya baik baik kaya yang dibuku.

Gitu loh guys, banyak mikir si baca buku ini.

Enaknya, buku ini tipis. Cuma 160an halaman dan kaya cepet aja gitu bacanya, tau tau dah beres.

Cuma memang saya sendiri mungkin yang gak siap kalo punya murid yang adabnya model model yang dibuku. Iya, soalnya saya guru sejarah, mungkin kalo diterapkan ke guru diniyah, boleh lah. Tapi kalo ke saya, engga deh 😂

Banyak tips dan nasehat biar ilmunya awet. Tapi saya agak gak biasa dengan menghafal pelajaran. Jaman now gini, saya lebih mentingin pemahaman. Kalo gak hafal yang penting paham, selesai urusan.

Sejarah bukan kitab yang perlu pas titik koma, justru saya gak suka kalo ada yang jawabannya sama.

Kondisi sekarang sudah sangat jauh berbeda dengan masa lalu.

Jadi, gapapa,
Sesungguhnya niat awal baca buku ini adalah biar saya sopan sama guru saya dan biar saya bisa jadi guru yang akhirnya layak untuk diperlakukan secara baik oleh murid.

Sejauh ini, bukunya baik sekali untuk dibaca sambil pelan pelan diterapkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar