Selasa, 05 November 2019

siapa yang suka nunda nunda sesuatu sampe mepet deadline?
i do.

siapa yang suka nge-entar entarin kalo ada sesuatu?
i do.

siapa yang kalo belom mepet deadline, belom ada semangat buat ngerjain?
i do.


duh, kayanya untuk urusan menunda sesuatu gue nih seolah jadi ahlinya. berbagai hal sudah diberikan oleh Allah sebagai bentuk teguran tapi kenyataannya dong masih juga mengulang kesalahan yang sama. kapoknya sehari dua hari setelah itu balik lagi kaya dulu. hee.

ini gak boleh dimaklumi dan gak boleh dibiarkan.

kejadiannya agustus kemaren, kelalaian, menunda kerjaan sampe akhirnya Allah seolah mau bilang, "rasain na!" gitu.

ceritanya, gue yakin banget bisa bayaran kuliah dengan santai tanpa harus izin ngajar, izin amanah, dan izin lainnya. alhasil gue entaran terus lah bayarannya. gue yakin pasti bisa, prediksi gue baik sekali gituloh sodara sodara. sok memperhitungkan dan merencanakan sampe lupa ada kuasa Allah.

astaghfirullah.

sampe di hari H bayaran, gue baru kepikiran "oiya belom bayaran, nanti abis selesai ngajar jam terakhir bayaran deh."

dan kemudian drama dimulai.

pertama, helm dipake temen tanpa izin, alhasil keliaran kemana-mana nyari bank bukopin tanpa helm. gue gak biasa banget pake helm, tapi karena yakin aman dan gada polisi, akhirnya ngeberaniin diri buat tetep berangkat bayaran.

masalah berikutnya adalah, gue engga tau bank bukopin pasti adanya dimana. bermodal gugel gitu loh. gue emang punya masalah sama arah, sering nyasar dan akhirnya pusing sendiri. terus, kemaren itu, didetik terakhir bayaran gue khusnudzon banget bayaran bakalan lancar. kalo ngeliat di maps si harusnya 30 menit doang beres. masalah berikutnya adalah gue sebenernya diajak ngobrol sama murid, mereka macem mo konsultasi gitu dan gue bilang, "saya mau bayaran, 30 menit lagi ya."

pede banget asli.

ternyata, di tengah perjalanan, gak satu pun bank bukopin berhasil gue temuin. gue bahkan sampe jauh ke pinang ranti dan gak liat satu pun bank bukopin.

sepanjang jalan udah istighfar aja sambil bete sama maps gegara boong terus, gabisa gitu ya gak bawa gue nyasar.

jam juga udah menunjukkan hampir jam 3, setau gue, di bank bukopin maksimal banget tu jam 3 sore. gue hopeless. akhirnya evaluasi diri hehehe. pasrah. tapi masih selow juga gegara sebenernya UNJ itu bukan kampus yang terlalu kaku. dia nih agak fleksibel. cukup pengalaman lah gue sama UNJ yang begitu. jadi masih bisa ketawa tawa. ya emang ketawa tawa aja si kalo kena masalah hehehe.

di perjalanan balik, gue udah ngomel ngomelin diri sendiri, istighfar, bahkan janji untuk gak ngulang kesalahan yang sama. ya Allah, php banget sama diri sendiri.

udah gitu, di tengah kepasrahan tingkat tinggi, ternyata gengs, beneran.

gue kayanya lupa baca doa naik kendaraan makanya bank bukopin jadi teralihkan. gataunya, bener, cuma 15 menit dari sekolah ada bank bukopin, tapi gak keliatan karena dia di sisi satunya. dititik pasrah, bank nya ketemu.

lari larian ke teller, terus kata emasnya.
"yah udah gabisa mba, ke pondok gede aja, disana bisa sampe setengah 4."

gue udah males banget balik ke pondok gede, drama drama nyari bank bukopin, dan yaudah balik ke sekolah sambil mikir strategi.

semua orang gue chat buat bantuin gue bayaran. ada yang mau bantu tapi gabisa, ada yang bisa, tapi alatnya gak ada. ya semua ada aja ujiannya. sampe akhirnya, temennya temen gue mau bantu. dan, gataunya ketika gue update status minta bantuan orang-orang, gue lupa banget kalo gue punya temen kuliah yang juga satu tempat ngajar! wkwkwk.

emang kalo udah lagi dimarahin sama Allah yagitu, semua serba ditutupin, biar kapok.

akhirnya, gue minta tolong sama temennya temen, dan dititik itulah selesai ikhtiar gue.

uang bayaran gue transfer ke temennya temen, berharap bisa bayaran, gataunya,.......

"husna, atm temen ku ternyata gabisa dipake, dia gapernah transaksi di atmnya,jadi atmnya ke blokir."

hehehe, gue ketawa aja sambil bilang, yaudah mau diapain lagi wkwk.

udah, selesai. ikhtiar gue selesai.

setelahnya, gue harus ngurus perpanjangan ke kampus yang biasanya perpanjangan ya tinggal bayar aja, ini perlu lapor diri dulu. terus juga harus ke kaprodi minta ttd dan segala macem urusan yang ribet.

gue banyak ketawa banget deh pas itu, mikir si sebenernya, betapa yang memiliki waktu adalah Allah, jadi jangan sampe menyia-nyiakan apa yang udah Allah kasih dengan baiknya: waktu.

disitu, gue bertekad untuk gak ngerjain sesuatu mepet deadline. kenyataannya? gue terus mengulangi kesalahan dengan bilang gak greget kalo gak mepet.

kenapa ya begitu banget. gak belajar dari pengalaman.

pun akhirnya ketika bisa bayaran, gue izin sebentar ketika sekolah lagi hectic dengan kegiatan kemudian dicariin sama beberapa orang dan itu kayanya gak boleh gitu sebenernya tuh.

***

banyak mikir banget ya, waktu itu emang berharga luar biasa. apalagi kalo udah kepepet. entah berapa kali gue udah kehilangan waktu karena kelalaian diri sendiri.
jangan diikutin ya guys.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar