Jumat, 01 November 2019

Welcoming Lovember

Katanya, gapapa bu gagal.

Kamu bukan manusia sempurna, bukan juga sang pengatur segalanya. Jadi, gapapa gagal. Katanya gitu. 

Tapi, menurutku, gagal tidak pernah sederhana. Mencoba sesuatu berarti sedang mempersiapkan jalan hidup selanjutnya setelah keberhasilan. Dan gagal, pernah ku buat rancangannya, tidak berhasil merubah apapun dihidupku.

Lalu katanya, gapapa. Gagal itu wajar, gagal itu normal. Buah dari ikhtiar tidak selalu keberhasilan. Bisa jadi ada pelajaran dibalik kegagalan itu kan. Jadi terus aja coba, ikhtiar. Sekali nyoba berhasil itu hebat, berkali kali nyoba baru berhasil itu normal, dan kamu gak sendirian yang seperti itu. 

Tapi gagal tidak pernah begitu mudah, ekspresi ku menolak semua pernyataannya. 

Dia kemudian senyum.

Kemudian, kami sama sama diam. Sedetik berikutnya dia menceritakan kegagalannya, aku mendengarkan. Lalu ku pikir sangat egois kegagalan yang sederhana ku alami dibandingkan dengan kegagalannya yang begitu besar.

Bu, it's ok to be not okay, and it's normal. 

Kesimpulannya. 

Yang penting kita tau gimana cara menghadapi kegagalan itu. 

***

And she's continuing her life try to heal each other who has mental illness. She's smiling while she's the one who got the most painful feeling ever. Her face going red, but she didn't let the tears drop on her face. 

I talked to myself then, 

Mereka yang gagal adalah mereka yang tidak pernah benar benar mencoba. Dari satu kegagalan ke kegagalan berikutnya adalah momen pembelajaran. Satu hal yang mungkin kita lupa bahwa sebuah kegagalan tidak merubah hidup kita secara langsung, tapi kegagalan mengubah pola pikir kita, gaya hidup, cara memperlakukan orang lain bahkan sampai cara mempersiapkan sesuatu. 

Those with high achievement is the one who'll get down easily. Katanya ketika ngebahas quarter life crisis. And it's ok. Try to be grateful, look back and see how far we've been going through this process and what we have this far. 

So, 

In this coming N(L)ovember, i love to call November as Lovember, do you ready to try harder and never stop doing? :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar