Selasa, 03 Desember 2019

Review Receh: Vagabond

I can't wait any longer but to lazy to open up my laptop. So I'll write apa adanya by phone wkwk.

Yak, jadi review receh kali ini akan ngomongin vagabond. Duh, deg degan. Gimana si ni drama maunya apa hahaha. 

Kita mulai darimana ya?
Jadi gini, memang vagabond ini udah mulai rame sejak tahun lalu. Gue juga gangerti kenapa bisa tau tapi Instagram gue tu rame banget sama info korea. Padahal gue gak follow satu pun account korea koreaan. Nah salah satu yang rame itu tentang drama vagabond.

Udahnya lee seung gi baru beres wamil eh langsung main drama vagabond yang ngegambarin tugas dia pas wamil. Wah!

Belum lagi drama vagabond ini adalah drama reoni antara Lee seung gi sama suzy. Menarik banget si dan gue cukup suka sama acting mereka di drama sebelumnya, Gu Family Book. Ya udah lupa gitu si sebenernya hehehe

***

Ceritanya memang udah beberapa minggu lalu gue pengen banget nonton vagabond cuma gatau nonton dimana sampe pas main di kelas, ada anak yang ngasih tau gue nonton vagabond bisa di drakor.id, dua hari kemudian gue mulai nonton dan dalam dua hari drama vagabond beres gue tonton wkwk.

Sebelum mulai bahas filmnya, sebenernya spoileran di ig itu udah banyak berseliweran dan itu ngeganggu banget sebenernya. Gue jadi memutuskan untuk gak berpihak karena emang dari potongan film bahkan review caption yang gue baca kebanyakan ngomongin tentang gajelas siapa pelaku yang jahatnya. 

Apalagi emang diawal Go Hae ri dibuat keliatan jahat dan baru terungkap dibagian akhir sampe di episode 14 kayanya gue baru merasa berdosa karena memutuskan hanya untuk percaya sama ca dal geon.

Oke kita masuk ke filmnya. 

Gue emang tipe orang yang mudah mengapresiasi dan vagabond ini terlalu keren dan gue bahkan di episode 15 udah mulai kepikiran mau nulis apa buat review receh disini wkwk.

****

Film ini konflik nya umum, politik, uang kekuasaan, tapi gue seolah ngeliat bentuk nyata dari konspirasi pemerintahan. Efeknya sebesar itu. 

Gue, kebiasaan emang, sering ngerasa bahwa Indonesia lagi gak baik. Nah selanjutnya dari vagabond ini, gue ngerasa itu adalah contoh nyata dari konspirasi pemerintah. Rakyat bisa apa kalo pemerintah yang buat ulah?

Bahkan pekerja Badan Inteligen sendiri yang gabisa dipercaya. Indonesia mungkin ada dikondisi kaya gitu, bahkan gue yakin dunia punya konspirasi semesta model gini. 

Duh daya imajinasinya nongol wkwk. 
Nah, di episode terakhir, gue mulai ngerasa kok ini mirip kaya bukunya Tere Lite Negeri Para Bedabah sama apa tu yang di ujung tanduk, lupa. 

Kondisi kacaunya dunia itu subhanallah barangkali memang direncanakan oleh orang orang yang mengambil kepentingan..

***
Dan semalem gue tidur tiba-tiba tanpa sadar. Bahkan gak sadar sama tulisan paragrf terakhir. Baik lanjut. 
***

Ekonomi, politik, semua akan dikuasai oleh para pemilik modal karena bagi mereka kelanggengan kekuasaan akan memudahkan untuk mengumpulkan modal berikutnya hingga akhirnya gak ada yang bisa menghentikan perbuatan mereka. 

Di drama ini, dal geon yang hanya orang biasa, karena ketulusan rasa sayang pada keponakan mampu membuatnya berbuat banyak hal hingga akhirnya dia banyak mengungkapkan kebenaran. 

Gue pikir di episode 12 ketika mereka berhasil bawa kim woo gi ke pengadilan, konfliknya beres. Ternyata tidak semudah itu ferguso. 

Konfliknya malah bertambah besar. Masuknya orang orang yang bersalah dari John n Mark ternyata gak menyelesaikan masalah. Gue suka banget statement nya jessica yang bilang 

"bagaimana jika kebenaran yang kita percaya, ternyata tidak benar?" 

Yuhuuu. 
Sebagai penganut paham benar itu relatif sesuai kesepakatan bersama, gue juga bertanya jadi kebenaran itu apa? 

Hehehe. 

Di filsafat ilmu pernah bahas kaya ginian, benar itu adalah intersubjektif. Kita memutuskan sesuatu itu benar karena orang orang tanpa sadar mengatakan bahwa itu benar, jadi sesungguhnya kebenaran itu sifatnya relatif. 

Tapi catetan penting kita punya agama dan Allah yang maha benar jadi untuk kebenaran mutlak lahir dan kita amalkan sesuai aturan Allah. Kebenaran yang disampaikan sebelumnya hanyalah kebenaran yang bersifat umum. 

Baik, balik lagi ke vagabond. 

Gue suka drama dan alurnya, cuma banyak hal yang jadi pertanyaan seperti setau gue dal geon ini miskin kok ya bisa ganti ganti hape ke luar negeri, bisa ganti mobil, beli tiket pesawat ke maroko dan seterusnya. Dia jadi gak keliatan miskin gitu kan wkwk. 

Kemudian, di era begini, masih aja mereka make hape yang bisa dibuka tutup belakangnya. Itu kan lumayan tua ya, sedangkan sekarang kebanyakan orang make hape yang batre tanem jadi kalo untuk sadap dengan alat kayanya agak sulit. Tapi di film itu emang gak dijelasin latar tahunnya si, jadi ya gapapa kita bisa prediksi masing masing.

Drama ini termasuk yang sedikit romance nya tapi ada, cuma gak banyak. Menurut gue pas, karena kita tetep fokus sama apa yang jadi permasalahan. Gak bucin bucin ya walopun pada akhirnya gue makin kagum sama acting lee seung gi yang totalitas banget di episode awal pas di Maroko. Keren dan bahaya. Untung dia gapapa wkwk. 

Berikut nya barangkali jam terakhir, gue mau mengomentari dengan yakin bahwa dalam dua atau tiga tahun lagi akan ada sequel nya vagabond dua. Karena ini  cerita belom selesai atau sengaja dibuat gantung. Bahkan diakhir malah jadi makin seru karena dal geon berusaha mengubah sesuatu menjadi lebih baik dengan semangat di dirinya sendiri. 

***

Well in the end itu drama. 
Gue suka tapi kita gabisa samain dengan realita politik hari ini. Tere liye di bukunya nulis tentang dunia yang dikuasai oleh segelintir orang, mafia mafia besar dst. 

Gue percaya gak percaya sama yang begituan tapi kenyataannya memang masuk akal. Seseorang yang baik pada akhirnya bisa menjadi gila karena aturan yang luar biasa diluar kehendak dirinya. 

Kampanye positif namun tak bisa ditepati karena kepentingan segelintir orang. 

Vagabond seolah mau ngebongkar rahasia kehidupan dunia, gue gatau, beneran, tapi riset di drama ini rasanya cocok untuk dunia masa kini. Kalo nengok ke sejarah memang dari dulu pemilik modal selalu berhasil jadi penguasa. Dan mereka yang tertindas akan ngeberontak namun selalu yang kuat yang menjadi pemimpin. 

That's life. 
Drama is drama, 
Kalo kata mba Taylor Swift, this life is sweeter then fiction. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar