Minggu, 04 Oktober 2015

PPA (Pola Pertolongan Allah) disitu Allah 'Manggil' Saya

Memang Allah selalu memberikan scenario terbaik atas usaha yang kita lakukan. DIa selalu memberi yang kita butuh, bukan yang kita ingin. Dia lebih tau kita daripada diri kita sendiri. Dan Dia tau kapan waktunya memanggil agar kita pulang, agar kita kembali dan agar kita bersamaNya lagi.

Desember 2014, saya dan teman-teman menabung untuk liburan ke Jogja. Qodarullah, jadwal kuliah dibulan Januari masih dipenuhi sama deadline tugas UAS, alhasil ke Jogjanya batal. Tapi, Allah ternyata emang lagi nyiapin yang lain buat saya. Uang yang dipake buat nabung ke Jogja itu, ternyata udah Allah arahin buat ketemu Dia. Buat mesra-mesraan sama Dia. Buat memenuhi hati saya dengan Dia. Cie~

Januari 2015, ada broadcast info PPA di salah satu group whatsaap yang saya ikutin. Setelah nanya singkat PPA itu apa, dan dapet jawaban yang gak memuaskan, hehe, akhirnya saya memutuskan buat ikut. Saya hubungi cpnya, yang waktu itu Ka Sonny. Sambil liat liat testimony PPA di polapertolonganAllah.com, saya ngeyakinin diri buat ikut. Lumayan, bayarnya 650ribu. Duit buat ke Jogja, dialihin semua buat PPA, hehehe. Scenario Allah itu :D

Pas ngechat Ka Sonny, disuruh transfer 650ribu, eh saya percaya aja, langsung transfer. Selesai transfer baru deh mikir, ini penipuan gak ya? Telat banget. PPA waktu itu belom setenar sekarang. Saya angkatan ke 20, sekarang mah udah ratusan. Tapi setelah nethink gitu ya saya pasrah aja. Pas chat sama temen di Al Azhar, dia nanya, husna transfer ke siapa? Terus saya jawab, ke Ka Sonny, Sonny Sandi. Dia bilang, ooh itu, aku kenal. Alhamdulillah, nethink saya salah, dan langsung dikasih jawaban sama Allah.

Saya transfer hari rabu, dan kelas PPA hari sabtu. Full seharian. Kalo digambarin perasaan saya waktu sebelum ikut PPA, ampun banget deh. Sendirian. Kesepian. Cape. Bosen. Lelah. Kalo pernah ngerasain kaya lagi sendirian di dunia ini, nah itu saya sebelum ikut PPA. Ngaku-ngaku punya Allah, tapi bisa-bisanya ngerasa kaya gitu. Sering ngomongin tentang cintaNya Allah, tapi gak tau cara ngaplikasiin ke kehidupan. Iya, itu saya sebelum PPA. Ngejalanin semua syariatNya, ikutin semua aturanNya, karena Allah yang nyuruh, karena Allah yang merintahin. Semuanya emang karena Allah, tapi kadang saya kehilangin ruhnya. Ruh dalam beribadah. Sampe timbul pertanyaan, “ya Allah, sebenernya gue ngapain si hidup? Ibadah doang? Kuliah doang? Belajar doang? Buat apa si? Temenan sama temen yang pikirannya dunia terus, bikin repot doang. Maunya seneng seneng.” Itu saya sebelum PPA. Heboh menyalahkan diri sendiri, nyalahin orang lain, lengkap dengan semua perasaan yang semua serba gue.

Iya, itu saya sebelum PPA.

Waktu daftar PPA dibilangin sama temen, “bulan depan aja na bareng aku.” Berkali kali dibilangin begitu. Tapi ya ternyata karena emang saya butuh Allah dan Allah udah manggil  saya, akhirnya walaupun gak punya temen, saya jalan juga. Biarin aja sendirian, yang penting saya dapet ilmunya. Dari dulu begitu banget ya. Hobinya sendirian, kemana mana sendirian. Selalu sendirian, sampe saya ikut PPA dan sadar, kalo saya itu gak sendirian.

Pas dateng PPA, waaaaaaah. Tau gak? Baru masuk ruangannya aja saya udah ngerasa ada Allah disitu. Baru kali itu saya ngerasa Allah beneran deket. Baru kali itu saya ngerasa hidup. Saya tau apa yang mau saya lakuin. Iya, itu padahal baru masuk ruangan. Baru dengerin ka Sonny yang waktu itu jadi co-trainer. Ka Sonny ngebuka acara, ngomongin testimony, peraturan ini itu, dan miracle Nya.

Meleleh.

Saya baru bagian Ka Sonny aja udah meleleh, apalagi saat Ka Rendy, trainer utamanya ngomong. Baru kali itu saya seharian nangis karena Allah… baru kali itu saya tau betapa nikmatnya nangis buat Allah, baru kali itu saya ngerasa bebasnya hati yang diguyur airmata karena cinta dan takut sama Allah. Ya Allah…

Saya baru tau, ternyata di PPA itu kita diajarin ketauhidan. Ternyata, selama ini saya salah. Saya terlalu percaya sama diri sendiri, sampe ternyata saya lupa sama Allah. Saya sering bebicara tentang Dia, tapi jarang bicara sama Dia. Sampe saat PPA, saya baru memahami, doa yang selama ini saya lakuin itu caranya salah.

Saya seakan-akan ngatur Allah, ya Allah, saya mau ini ini ini, tolong kasih ya Allah. Saya lupa, kalo Allah maunya kita minta Cuma sama Dia. Saya emang sih doa ke Allah minta ini itu, tapi prakteknya? Saya gapercaya kalo Allah bisa ngasihin. Mustahil. Kata mustahil itu masih ada dipikiran saya. Sampe akhirnya saya percaya sama ikhtiar saya. Kalo saya maksimal, maka hasilnya maksimal. Kalo saya usaha 100 maka saya akan dapet 100. Hingga saat PPA saya sadar, Cuma Allah yang bisa ngasihin itu semua…

Saya gaperlu usaha 100 persen, yang penting saya berhasil dapetin hatiNya Allah…
Di PPA, saya berhasil menempati posisi dimana saya gak butuh apapun kecuali Allah…
Cuma Allah, ada Allah, iya, Allah aja.
Saya bisa memaknai pengertian kalimat, “tenang ada Allah” dalam artian sebenarnya, bukan sebagai bahan omongan sesaat.

Saya berangkat PPA dengan uang di dompet, namun pas saat saya pulang, uang di dompet saya ludes. Ada satu moment pas PPA dimana saya meyakini bahwa saya hanya butuh Allah. Hingga akhirnya saya pulang Cuma dengan uang sepuluh ribu. Panik? Takut? Enggak. Bahkan berhari hari kemudian saya gak punya uang. Tapi saya berhasil kemana mana. Ngumpul sama temen ini itu. Main sama saudara-saudara, silaturahim.

Uang darimana Na?
Itu dari Allah.

Walaupun saya gapunya uang, tapi Allah selalu ngasih jalan buat keluar, buat silaturahim. Sampe saya bingung. Ya Allah, saya gapunya uang tapi kenapa mau jalan kemana mana aja gampang banget ya. Dulu kalo punya uang mau ngapa-ngapain aja udah ketakutan duluan. Takut duitnya abis.

Sebelum berangkat, saya selalu doa ke Allah, “ya Allah, temenin saya ya. Saya mau jalan kesini, kesini dan kesini. Saya mau ketemu ini, ini dan ini. Tolong ya Allah. Jangan sampe hamba ngelakuin ini semua sendiri, biarkan Engkau yang selesaikan semua dengan caraMu.” Berangkat deh.

Selesai PPA, banyak yang nanya, kok mukanya cerah banget, kok bahagia banget, kok kayanya gampang banget ngapa ngapainnya. Saya, waktu itu senyum senyum aja, hehe. Apalagi muka saya cetakannya jutek kalo gak senyum. Pas ada yang bilang mukanya cerah sama bahagia saya langsung ngomong dalem hati, “iyalah, orang ada Allah, siapa yang gak senyum kalo ada Allah di deketnya, hehe.”

Saya iklanin PPA kemana-mana, saya syiar PPA kemana mana, Alhamdulillah sahabat sahabat saya banyak yang udah PPA, banyak yang udah ngerasain nikmatnya PPA, dan yang paling menyenangkan adalah saat temen saya bisa saya ajarin sedikit tentang percaya ke Allah.

Liburan semester dua kemaren, banyak temen temen saya yang belom bayar kuliah. Saya juga panic, takut kalo mereka gak bisa bayaran dan akhirnya mahasiswa di kelas  tinggal sedikit. H-3 atau H-1 batas waktu pembayaran UKT, saya ceritain tentang PPA sedikit ke temen temen.

“gue pernah ikut training, Alhamdulillah efeknya berasa di hidup gue. Mudah mudahan kalian bisa nerapin ini juga. Sekarang kalian ikhlas, pasrah ke Allah. Gausah panic gabisa bayaran, tenangin diri dulu. Istighfar, mungkin gabisa bayarannya kita karena Allah lagi pengen kita istighfar. Allah pengen kita minta dulu.

Kalo udah tenang, udah relax, niatin, nanti malem bangun tahajud. Temuin dia di sepertiga malam terakhir. Ngadu, minta tolong, nangis, cerita, jelasin ke Allah kenapa belom bisa bayar kuliah. Minta sama Allah buat cariin jalan keluar. Jangan lupa, kasih tau ke Allah kenapa kita mesti kuliah. Kasih tau Allah kalo kita kuliah, kita bisa bikin orang tua seneng, kita dapet ilmu buat dishare ke orang-orang, dan segala hal lainnya yang bermanfaat untuk umat. Selesai itu, pastiin kita Cuma yakin ke Allah.”

Selesai.
Just focus on Allah, and see what happen.
H-1 pembayaran uang kuliah, ada info broadcast bahwa jadwal bayar kuliah diperpanjang 20 hari.

Alhamdulillah. Semua bisa bayar kuliah. Gak ada yang jadi cuti karena gabisa bayaran. Allah itu gitu ya, suka ngasih hadiah diakhir, hehehe.

Lebih dari itu semua, saya gak lagi jadi orang emosian, saya gak lagi jadi orang panikan, bahkan saya bisa berdakwah sambil gak ngapa-ngapain. Coba bayangin, ada yang tiba-tiba ngechat dan bilang, “aku pengen kaya kamu.” Saya langsung mikir, emang saya ngapain sampe ada orang yang mau kaya saya? Apa yang udah saya lakuin? Pas saya tanya dia, kenapa pengen kaya saya, dia bilang, “kamu itu adem diliatnya. Nenangin banget. Aku pengen pake kerudung kaya yang kamu pake. Pengen ngobrol sama kamu. Sharing sama kamu. Aku juga pengen dapet hidayah kaya kamu.

Ya Allah….
Saya mau nangis aja waktu baca chat itu. Itu Allah, itu Allah, itu Allah yang lagi nutupin aib saya. Itu Allah. Dan Alhamdulillah, saya tau dan paham tentang Allah. Saya meyakini Allah adalah Tuhan saya. Satu satunya Dzat yang patut disembah. Satu satunya Dzat yang menemani. Cuma Dia. Hanya Dia.

Mudah mudahan tulisan saya ini bisa jadi dakwah buat saya, dan bisa bantu temen-temen sekalian buat dapet hidayah juga.


Jangan sampe salah paham. Ini semua terjadi karena Allah, Cuma saya dapet ilmunya di PPA. Percayanya tetep ke Allah, bukan ke trainingnya. Disitu kita Cuma dilatih. Tergantung Allah mau milih hati kita apa engga. Saya pun ikut PPA gak cukup sekali selesai. Harus diulang terus. Karena sering, saya gak sadar udah buat dosa, bahkan saya sadar juga kalo udah buat dosa. Saat saya buat dosa itulah saat cintaNya Allah buat saya agak gak kerasa di saya. Dosa dosa itu yang ngebuat hati saya jadi kaya batu. Makanya, cintaNya Allah harus terus dikejar. PPA ini juga harus terus diulang supaya prakteknya makin jago, cintaNya Allah makin mudah diraih.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar