Sabtu, 05 Desember 2015

Selamat memperingati hari sejarah untuk pertama kalinya!

Selamat memperingati hari sejarah untuk pertama kalinya!
Sabtu, 5 Desember 2015 di Museum Bank Mandiri.

Hari ini, setelah menanti selama puluhan tahun, akhirnya permohonan untuk mengajukan hari sejarah di acc oleh para pimpinan.

Acara ini sekaligus menjadi puncak pengumuman dari tiga perlombaan yang diadakan oleh kemendikbud. Tiga lomba itu adalah lomba mirip pahlawan, lomba membuat logo gerakan nasional cinta sejarah, dan lomba reportase sejarah.

Lomba lomba tersebut diikuti oleh pelajar dari berbagai kota. Juara-juara terpilih diundang ke Jakarta dan diberikan apresiasi oleh direktur sejarah, direktur kebudayaan, dan menteri pendidikan dan kebudayaan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari pak Anies Baswedan. Pak Anies menyampaikan terimakasih kepada guru, dosen dan para penjaga sejarah karena mempelajari sejarah itu penting, terlebih lagi membuat sejarah. Pesan pak Anies, kalau anda merasa lebih punya kemarin, maka tulislah otobiografi. Jika anda merasa lebih punya besok, maka tulislah mimpi.

Menulis sejarah bukan sekedar menengok ke belakang, tapi menulis sejarah seakan kita menulis di masa depan dan menengok ke masa kini.

Sambutan Pak Anies, didampingi oleh juara juara lomba yang diadakan oleh kemendikbud. Pak Anies pun berharap bahwa anak anak muda tersebut menjadi penulis penulis yang mengawetkan sejarah.

Pak Anies juga mengakui bahwa mata pelajaran favoritnya dulu adalah mata pelajaran sejarah. Namun pak Anies menyangkal, bukan bukunya yang membuat menteri pendidikan dan kebudayaan ini jatuh cinta tetapi, gurunya yang mengajarkan sejarah.

Peringatan ulang tahun sejarah ini jatuh pada tanggal 14 Desember, dikarenakan pada tanggal 14 Desember 1957 dilakukan seminar sejarah untuk pertama kalinya. Dilanjutkan dengan seminar tanggal 16 Mei 2015 di tempat yang sama seperti puluhan tahun sebelumnya, Yogyakarta. Dan diacara itulah akhirnya tercetus maklumat munculnya hari sejarah.

Peringatan hari sejarah ini juga ditemani dengan lagu-lagu keroncong dan pemutaran film-film. Acara juga berlangsung ramai dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar