Rabu, 01 Februari 2017

23/30

Dua puluh tiga.

Kamu tau, cinta kadang tak terlalu jauh dari yang namanya cemburu. Seringkali orang mengingatkan agar milikilah cinta yang sekupnya, karena yang berlebihan itu menjerumuskan. Cinta, tak boleh berlebih, karena pasti ada yang cemburu. Pasti. Jika bukan manusia yang cemburu, maka itu Sang Pencipta.

Belum lagi jika Sang Pencipta memberikan 'tes' lebih cinta mana kamu antara Dia dan dia. Jika kamu lulus, maka semoga Dia juga mencintaimu, jika kamu belum lulus, semoga Allah mengampuni.

Itu Dia, Sang Pencipta.
Maka ketika Idul Adha datang, mestinya kita telah memahami ujian atas rasa cemburu yang Allah tunjukan.

Penantian sekian tahun seorang Nabi Ibrahim atas kehadiran sang anak, seketika itu juga Allah uji dengan kode dalam mimpi. Atas kepekaan anaknya, maka dilaksanakanlah kode 'ujian cemburu' dari Allah.
Sampai disitu, kita sama sama tau akhirnya.

Kenyataan bahwa Allah adalah Maha Pencemburu dan tak segan membuat hambaNya kembali dengan berbagai cara. Cinta butuh bukti. Begitu juga Allah.

Lalu bagaimana cara membuktikan cinta kepada Allah?

Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنْ كَانَ اٰبَآؤُكُمْ وَاَبْنَآؤُكُمْ وَاِخْوَانُكُمْ وَاَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيْرَتُكُمْ وَ اَمْوَالُ   اۨ قْتَرَفْتُمُوْهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَ مَسٰكِنُ تَرْضَوْنَهَاۤ اَحَبَّ اِلَيْكُمْ مِّنَ اللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَ جِهَادٍ فِيْ سَبِيْلِهٖ فَتَرَ بَّصُوْا حَتّٰى يَأْتِيَ اللّٰهُ بِاَمْرِهٖ    ؕ  وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْفٰسِقِيْنَ
"Katakanlah, "Jika bapak-bapakmu, anak-anakmu, saudara-saudaramu, istri-istrimu, keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perdagangan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya serta berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik."
(QS. At-Taubah: Ayat 24)

***

Nanti, akan datang masanya, Allah uji kita dengan kecintaan kecintaan kita pada selain Allah. Ketika hal itu tiba, apa yang harus kita lakukan?

Semoga cinta kita kepada Allah terbukti benar-benar cinta alami bukan cinta.....modus.!

💪

Tidak ada komentar:

Posting Komentar