Selasa, 31 Januari 2017

22/30

Dua puluh dua.

Entah apa yang harus ku katakan pada tetesan hujan. Mungkin salah satu yang utama adalah : terimakasih karena telah membersamai hari ini. Menemani setiap langkah bahkan sampai diri ini lelah.

Namun hujan adalah berkah. Seandainya semua orang di dunia tau dan mau mengamalkan bahwa saat hujan adalah salah satu waktu terbaik untuk berdoa, maka dapat dipastikan semua orang meminta hujan datang setiap saat.

Tapi hujan datangnya seringkali dikeluhkan. Oleh aku, kamu atau mereka. Mungkin mereka pikir banjir dikarenakan curah hujan yang tinggi, atau macet karena hujan yang turun, atau gagal panen karena hujan yang terlalu membasahi tanaman.

Ah hujan, padahal kedatanganmu adalah berkah. Dan ketiadaanmu dalam waktu lama adalah tanda-tanda hari akhir.

Allah SWT berfirman:

اَللّٰهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ وَاَنْزَلَ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّـكُمْ  ۚ  وَسَخَّرَ لَـكُمُ الْـفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِى الْبَحْرِ بِاَمْرِهٖ ۚ  وَسَخَّرَ لَـكُمُ الْاَنْهٰرَ
"Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air (hujan) dari langit, kemudian dengan (air hujan) itu Dia mengeluarkan berbagai buah-buahan sebagai rezeki untukmu; dan Dia telah menundukkan kapal bagimu agar berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan sungai-sungai bagimu."
(QS. Ibrahim: Ayat 32)

Alhamdulillah hujan...

Allahumma shoyyiban naafi’an

“Ya Allah, jadikanlah hujan ini hujan yang membawa manfaat.” (H.R. Al-BukhaRy)

Kenapa Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca doa saat hujan turun?

Allah SWT berfirman:

وَاَمْطَرْنَا عَلَيْهِمْ مَّطَرًا ۚ  فَسَآءَ مَطَرُ الْمُنْذَرِيْنَ
"Dan Kami hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu."
(QS. Asy-Syu'ara': Ayat 173)

Betapa banyak ayat Qur'an yang menceritakan tentang hujan sebagai azab. Jangan sampai, berkah hujan membuat kita justru malah terazab.

Nanti, ketika hujan tak turun lagi, uang trilyunan rupiah akan dikeluarkan mau tak mau. Maka syukurilah hujan. Rasakan tiap tetesnya sebagai berkah. Berdoa semoga Allah kabulkan doa kita saat hujan turun.

Ya?
Semoga kita selalu diberi kesempatan oleh Allah untuk selalu bersyukur dalam segala situasi.

Alhamdulillah 'alaa kullihaal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar