Sabtu, 28 April 2018

Catatan dari Pasuruan

Ada banyak cara untuk menikmati kehidupan ini. Ada orang yang harus ketemu orang orang baru dia enjoy, ada orang yang sendirian jauh lebih nyaman, ada yang butuh menyendiri, ada yang fleksibel dimana aja oke.

Bicara tentang ini, maka kita akan bertemu pada tiga kepribadian yaitu ekstrovert, introvert dan ambivert. Sebenernya test test psikologi kaya gini cukup unik buat saya. Kenapa unik? Karena saya pernah ikutan test ini di beberapa waktu yang berbeda, dan hasilnya beda semua 😂

Lucu memang, awalnya ekstrovert banget, kemudian ambivert dan sekarang introvert. Saya coba diberbagai web dan hasilnya tetep introvert. Awalnya gak percaya, pun dengan orang orang yang saya ceritakan juga gak percaya kalo saya introvert banget 😅

Tapi... Ternyata bener. Dibandingkan komunikasi dengan manusia lainnya, mungkin saya lebih nyaman buat nulis. Menyampaikan perasaan lewat tulisan dan jadi lebih ahli dalam mendengarkan - sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang akhirnya membuat saya mampu lebih dekat dengan orang-orang baru.

Sampai disini, saya jadi lebih suka menikmati waktu sendirian sambil ngeliatin orang orang, seperti sekarang. 2040 muslimah akan memecah rekor muri dengan cara memainkan rebana sambil memakai bakiak di kaki mereka.

Jangan mikir bakiak yang aneh aneh, cuma bakiak yang biasa ada di tempat wudhu itu loh 😅

Awalnya saya mikirnya udah bakiak yang biasa dipake buat lomba 17an yang bertiga tiga itu, tapi ternyata saya mikirnya kejauhan hahahaha.

Beberapa hari yang lalu sampe di Pasuruan langsung nyari bisa pergi kemana ya buat eksplor kota ini. Tapi gugel pun kurang menjawab. Pasuruan kurang memiliki tempat yang bisa saya jangkau. Kebanyakan di wilayah Kabupaten yang banyak taman atau tempat tempat yang jaraknya satu jam ditempuh pake motor. Gabisa pake gojek 😂

Alhasil hari pertama disini, saya main ke carrefour dan nonton the avengers. Diperjalanan  pulang ba'da nonton, saya ngeliat ada baliho acara rebana 2040 muslimah berbakiak dalam rangka memecahkan rekor muri. Yaudah, gugling dan besoknya memutuskan buat kesini. Berangkat ba'da maghrib menjelang isya.

Sendirian, as always.
Sebelumnya berangkat saya udah mikir, kira kira hari ini Allah kasih ketemu siapa lagi yaa, dan pembelajaran apa lagi ya yang saya dapetin.

Dalam perjalanan kali ini saya berusaha untuk lebih peka terhadap hal hal kecil, berusaha melihat dengan sebaik baiknya, merasakan dengan sepeka pekanya agar ada yang bisa saya ambil dan tulis. Tidak selalu untuk dibagikan, namun untuk saya kenang sendirian.

Baru beberapa langkah keluar rumah, abang gojek sudah menanti depan pager. Baru beberapa roda putaran, Allah jadikan abang gojek ini sebagai "partner" pulang pergi. Abangnya nawarin buat ditungguin, saya bilang gausah aja kan karena memang ditunggu itu gaenak, gak bebas, saya jadi merasa terbebani karena ada yang nungguin._.

Tapi abang gojeknya keukeuh mau nungguin. Bahkan bilang mau ngajak saya muter muter sambil bilang kalo rumah dia sama rumah saya itu searah.

"Ya Allah, apalagi ini? Niat jalan sendirian kok ya langsung dapet temen muter muter."

Jadilah saya pasrah dan mengiyakan sambil bilang, "saya gatau ya pak pulang jam berapa, nanti saya kabari lagi aja."

Ketika dijalan akhirnya abangnya curhat kalo disini ternyata sulit dapet orderan. Bahkan dalam sehari bisa aja gak dapet penumpang. Kemudian saya paham kenapa akhirnya abang gojek ini mau nungguin saya pulang.

Sepanjang perjalanan, bapak ini berusaha menjadi guide yang baik gitu. Ngajak ngobrol, ngasih tau tempat oleh oleh, ngasih tau makam nya kiai a, kiai b, dan berusaha terus buat ngajak ngobrol, makasih ya pak, semoga Allah mudahkan rejekinyaaaa.

Sebelumnya beberapa minggu lalu saya juga pernah naik gojek disini. Pertama kali naik gojek disini eh langsung diajak ngobrol sama abangnya. Setelah hasil ngobrol panjang lebar, akhirnya diketahui bahwa kita seumuran dan berujung pada dimintanya nomer hape saya. Katanya, "buat temen ngobrol aja mba." biar gak lama, akhirnya saya kasih aja si haha, cuma pas dia chat gak saya bales._.

Hal kaya gini ternyata gak terjadi sekali dua kali ke saya. Setiap pergi kemana mana, bahkan ketika memutuskan untuk sendirian, akhirnya selalu Allah berikan "partner" perjalanan dalam bentuk apapun.

Seminggu yang lalu juga sama persis. Ketika saya di Surabaya, Allah pertemukan saya dengan orang lain lagi yang akhirnya berujung pada tukeran nomer hp dan Instagram 😂

Unik memang, malah akhirnya ketika saya keluar sendirian, saya langsung memikirkan kira kira hari ini bakalan ketemu siapa lagi dan dengan cerita yang gimana lagi ya 😂

Saya suka banget sama hal hal yang unpredicted. Semakin bikin kagum sama skenario Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar