Sabtu, 21 April 2018

Husna Ngebolang

Inget banget dulu kemana mana harus dianter. Pun sampe sekedar ke tukang foto copyan deket rumah, sering banget minta adek nganterin. Bahkan ketika mager naik bus sering minta ayah anterin ke kampus, atau ngegojek dengan harga yang gak murah itu.

Dulu, pulang ke rumah aja nyasar. Lupa sebelah mana gang rumah, sampe diomelin sama temen yang waktu itu nganterin gara gara gatau jalan ke rumah sendiri, hahaha.
Ketika rumah ganti cat pager tanpa ada pemberitahuan, pulang pulang bingung ini bener rumah gue apa engga. Dan semuanya terlalu lebay untuk gue yang kerjaannya rumah-sekolah, rumah - kampus. Jangan kan bisa naik motor, naik sepeda aja pernah jatoh sampe gigi pada lepas.

That's me, dulu.

Mungkin yang minta anterin ke tukang foto copyan sama adek masih kali ya sampe sekarang. Abis kalo gak ngajak dia jalan keluar atau nraktir dia makan, susah kali nemu waktu buat ngobrol bareng.

But then, ketika akhirnya gue bisa naik motor (udah sembilan bulan gue bisa naik motor, I'm proud of myself :'), dan usia terus bertambah, dan lagi gak diperlakukan seperti bocah, akhirnya pelan pelan gue mencoba untuk berani ngeliat Indonesia.

Mungkin gue berproses terlalu terlambat dibandingkan kalian yang udah ngeliat Indonesia bahkan dari kalian masih kecil. Terbiasa ngerantau, menuntut ilmu jauh dari orang tua, atau sampe jadi delegasi kemana mana.

Well, dulu gue terlalu "takut" kemana mana dan terlalu nurut sama orang tua hahaha. Tapi sebenernya sekalipun gue udah cukup ngerasa penurut, masih juga dianggep susah diatur bahkan mungkin diantara empat bersodara, gue yang paling parah bandelnya.

Nah, ketika orang tua gak ngizinin kemana mana yaaaa udah paling mentok nangis terus ngikhlasin.

Bukan, gak diizinin nya bukan karena orang tua gak percaya, tapi lebih kaya, "apa si husna manfaatnya kamu jalan jalan? Main main sama temen temen."

Dulu mungkin ketika jalan hanya sekedar main, foto foto dll, gue mikirnya yaaa masa temen temen main, ngumpul, jalan, terus gue engga. Sekecil itu pemikiran gue, makanya sampe hari itu gue nurut nurut aja ketika gak diizinin kemana mana.

Tapi ternyata, setelah ikut berbagai organisasi yang kemudian mempertemukan gue dengan orang dari berbagai belahan dunia dan denger cerita cerita mereka, perasaan untuk pergi ngeliat Indonesia dan dunia itu semakin besar. Tapi niatnya udah berubah. Gak cuma sekedar main atau foto foto. Tapi, justru nilai dari perjalanan itu sendiri.

Ngeliat Indonesia yang begitu beragam kemudian ngeliat dunia yang lebih beragam lagi, akhirnya banyak ngebuat berfikir dan belajar. Terus tau tau akhirnya nemu aja cara biar diizinin orang tua kemana mana dan orang tua tau tau juga ngizinin aja lagi. Beneran ya niat itu berpengaruh besar...

Iya si, kangen ibu, pasti. Kangen masakan ibu, apalagi ayam kecap sama ati dikecapin nya. Tapi ya gimana, ternyata bener kata imam syafii, merantaulah kamu maka Allah akan gantikan dengan keluarga baru.

Akhirnya ketemu orang lebih banyak, dapet jaringan lebih luas, dan lain sebagainya.
Sampe akhirnya saya percaya bahwa setiap orang hadir di kehidupan kita dengan "tugasnya" masing-masing.

Yang pasti dari setiap kedatangan orang orang tersebut, kita mendapatkan pembelajaran. Banyak pembelajaran.

Kali ini, gue disini.
Jauh dari rumah. Cuma ratusan kilometer memang. Tapi gue rasa, kalo ratusan kilometer itu dijadikan kertas untuk menuliskan seberapa bersyukurnya gue bisa disini dan sampai pada titik ini, gak akan cukup karena nikmat yang udah Allah kasih terlalu banyak dan terlalu hebat.

Jadi, kamu kapan nemenin #HusnaNgebolang buat #NgeliatIndonesia dan #NgeliatDunia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar