Jumat, 27 April 2018

Ngebolang Bareng

Yes, setiap kita punya perjalanan hidupnya masing-masing. Dan dalam beberapa hal, mungkin tujuan bukan yang utama, tapi prosesnya. Perjalanan panjang yang menempuh tujuan itu yang seringkali kita ingat dan kenang. Gak melulu yang seneng seneng, tapi bisa juga yang nano nano, penuh drama dan gak karuan bentuknya.

Kaya perjalanan yang satu ini.

Buat saya, jalan sendirian itu menyenangkan dan bisa jalan sendirian itu selalu menghasilkan kenangan. Bahkan dalam beberapa hal, saya lebih suka memilih untuk jalan sendirin walaupun sebenernya ada banyak orang yang bisa diajak jalan.

Kenapa?

Karena menurut saya, mencari partner perjalanan yang pas dan klik itu gak mudah. Daripada sisa perjalanan saya bete dan lebih kaya "ngemong" anak orang, it's better to go by myself. Yes, walaupun mungkin gak terlalu terlihat saya bete, tapi ketika saya gabisa menikmati perjalanan yang sedang saya lakukan, saya bisa merasakan kekecewaan dan bilang, "kenapa tadi gak pergi sendirian aja ya gue."

Tapi gak selalu, jalan rame rame pun menyenangkan, yang penting tujuan awal dan proses perjalanan itu berhasil memberikan pembelajaran yang banyak buat saya. Dan sebenernya jalan rame rame ini berhasil membuat saya banyak belajar, terutama latihan sabar dan memaafkan.

Ketika jalan sendirian mungkin i can blame no one but myself. Tapi ketika ada orang lain, mungkin saya bisa aja seenaknya nyalahin orang lain walaupun ya hanya dalam hati hahaha.

Dan, ada sebuah perjalanan yang buat saya cukup berkesan. Sebuah perjalanan yang saya terlalu takut untuk jalan sendirian dan membuat saya memutuskan untuk memilih partner perjalanan secara acak. Yes, dan saya gak kecewa telah memilih partner yang ini.

Malem itu, kita lagi nonton drama korea di kamarnya. Sebenernya film korea yang diadaptasi dari dramanya. Entah judulnya apa.

Sambil baper baper nonton film, saya iseng ngajak dia jalan.

"do you have any schedule tomorrow?"
"no, why?"
"emm... I'm going to visit my uncle's house, but I'm not quite sure where exactly is it."
"sooo?"
"the only thing I know is his house at Manu'an village, and my uncle's name is pakde taufik. People know him as the teacher pension. His house near the gudang garam factory. If you want to company to look for his house, it will be nice."
"emmm... Let's go there then."
"really?"
"yes."
"but we're going to get lost, i told you from the first time, we're going to get lost."
"its ok, me and my friend usually get lost in jogja, but i will get angry whenever we get lost. So you have to be patient."
"yeay, ok."

Sesimpel itu.

Sampe jam setengah 12 dramanya selesai, baru saya balik ke kamar dan tidur. Gabisa ngebayangin akan ngebolang di kediri, dengan orang yang juga gatau jalan. Hahaha.

Keesokan paginya seperti biasa nyuci, makan dan siap siap. Kita janjian berangkat jam 9, tapi masih leyeh leyeh sampe jam setengah 9.

Gak lama kemudian, kita makan dan langsung gas ke tempat penyewaan motor. Jalan kaki yang lumayan jauh sebenernya 10 menit di tengah panas matahari pagi dan kita baru aja makan. Dengan jalan pelan pelan kita menuju ke tempat nyewa motor langganan. Sebelumnya kita pernah nyewa motor juga disana buat ke blitar, kapan kapan saya tulis ceritanya.

Terus ketika dijalan, kita sama sama nengok kanan dan ngeliat tulisan gamis diskon. Oh my god. Kenapa ya perempuan itu selalu kalap liat diskon. Akhirnya kita tengok tengokan dan memutuskan buat visit ke toko itu. Kemudian kita liat liat gamis, dan yampun kenapa gamisnya bagus bagus-_-

"na tapi aku gabawa uang. Aku belom ngambil uang di atm."
"me either. Kalo aku bayar gamis ini, aku gabisa bayar nyewa motor hahaha. Tapi aku mau beli yang ini, lucu banget."
"yang mana?"
"pink. Ini berapa mba?"
"oh itu 90."
"wah murah banget! Mba saya mau beli yang ini, tapi saya gapunya uang sekarang, saya belom ngambil uang. Kalo saya beli ini, saya gajadi bisa nyewa motor hehehe."
"yaudah disimpen dulu aja mba."
"eh bisa?"
"iya bisa."
"yeay,yaudah abis ini saya kesini lagi ya mba buat ngambil gamisnya. Jangan dijual ke yang lain."
"iya mba."

Dan temen gue itu pun melakukan hal yang sama. Padahal hari sebelumnya, orderan kita dari bandung baru aja nyampe. Saya baru beli 2 gamis dengan harga sama yang gak kalah bagus. Bahkan hari itu saya udah pake gamis baru tersebut yang niatnya sampe malem, tapi ternyata..... Nanti agak akhir akan saya ceritakan.

Ima juga baru beli baju lebaran warna putih, pas di toko itu saya liat gamis putih bersih disitu dan dia menyesal sekali gak ketemu gamis itu lebih awal hahaha. Saya jadi inget gamis putih saya yang cuma dipake ketika lebaran itu 😅

Abis itu kita jalan ke tempat nyewa motor dan realized hape saya ketinggalan, masih di cas. Saya agak pelupa dan teledor gitu si. Ceroboh lah bahasa mudah nya. Akhirnya setelah nyewa motor, kita balik lagi ke camp buat ngambil barang. Ketika ketemu ibu camp, dijelasin lah arah arahnya segala macem. Dan saya iya iya aja sampe ima nanya pas dijalan,
"na kamu ngerti ibunya ngejelasin apa?"
"engga sama sekali."
"jadi kamu iya iya aja?"
"iya hahahahaha."
"dasar si husna."

Sebenernya saya udah bilang ke ayah sama ibu buat gak pergi ke rumah pakde. Terlalu beresiko ke sebuah tempat yang gak ke detect Google maps. Tapi kalo buat pabrik gudang garam nya si ada aja di google. Akhirnya ayah saya bilang ditelfon, "yaudah kalo kamu gatau gapapa gak kesana."

seketika saya merasa peka sendiri gitu. Saya tau ada kekecewaan tersembunyi dibalik kata kata gapapa ayah saya. Terus saya nekat berangkat sambil berharap semua orang yang saya tanya nantinya, tau kampung manu'an itu dimana.

Dan, Allah itu gak tidur guys. Kalo niatnya silaturahim dan membahagiakan orangtua, pasti ada aja jalannya.

Sesampainya di gumul, kita tau kalo kediri udah deket. Well actually kota kediri. Mulailah pake gmaps sampe ke pabrik gudang garem. Kita yakin kita berada dijalan yang bener ketika bau rokok menyeruak kemana mana. Yes it is, sepanjang jalan baunya rokok semua.

Kami asal jalan aja sampe nemu ibu ibu dan bermodal bismillah, ima turun nanya ke ibu ibu. Beruntung bukan saya yang nanya, karena ketika nanya arah dan terlalu banyak arah jawaban yang dikasih, saya bisa pusing dan lupa jalan sendiri.

Terus kata ima, "lurus aja na, ini ikutin jalan terus belok kanan."

Oke siap.

Motor pun berpacu dengan santai. Kanan kiri depan belakang truk besar. Mungkin mereka distribusiin rokok. Yah saya gabisa ngebayangin sebanyak apa perokok di Indonesia. Ketika ternyata pabrik gudang garam nya itu sangat sangat luaaaas. Truknya sangat banyak dan itu baru satu pabrik rokok.

Kalo aja semua orang sadar bahaya rokok, dan mau sayang sama diri mereka sendiri. Atau sayang sama orang lain ya, mungkin mereka gak akan ngerokok. Saya selalu bilang ke orang terdekat saya yang ngerokok, "kalo rokok ada khasiat nya buat tubuh, ada manfaatnya buat masa depan, saya akan jadi manusia pertama yang merokok dan ngajak semua orang ngerokok." tapi rokok gada manfaatnya guys. Sama sekali gak ada.

Can you stop smoking, please? Buat dirimu, atau mungkin buat orang yang gamau kehilangan kamu.

Haaa, lanjut lagi ke cerita perjalanan berikutnya.

Tips yang gatau bener apa engga si sebenernya, saya selalu bilang ke ima buat nanya ke orang tua. Karena orang tua biasanya tau aja. Gak kaya anak muda. Well kaya saya gitu. Tetangga samping rumah aja gatau namanya. Taunya nama anaknya hahaah.

Jadi inget dulu pas SD pernah ditanyain orang tau rumahnya pak toto engga. Karena saya gatau pak toto itu siapa, terus saya bilang wah kurang tau juga pak. Terus temen saya nanya, "yang anaknya namanya ferdi ferdi itu ya pak?" bapaknya ngeiyain. Dan ditunjukkan lah rumahnya ferdi. Kalo ferdi saya tau, kalo bapaknya saya gatau.

Kesimpulan saya kenapa temen saya bisa tau rumah pak toto adalah karena mungkin dia sering main kata kataan nama orang tua sama si ferdi. Gatau ya bener apa engga hehe.

Semua orang yang kita tanyain kurang lebih empat kali kita nanya dimana kampung manu'an, tau lokasi kampung tersebut. Saya semakin optimis aja bisa nyampe kesana. Sampe akhirnya pemberhentian kita ada di tukang lumpia Semarang yang ngebawa kita sampai ke tujuan.

Sambil beli lumpia, kita istirahat dan dikasih tau arah jalannya. Beruntung banget kita berenti disitu karena ternyata kita keterusan dikit. Bener bener cuma dikit. Tinggal belok terus menggunakan ingatan dua tahun lalu akhirnya nyampe deh~

Rumahnya masih sama persis sama dua tahun lalu saya kesini. Dan saya inget banget karena pernah nginep disini, akhirnya saya gapernah suka lagi tidur sendirian di kamar dengan lampu mati dan pintu tertutup. Kalo kalian tau sleep paralysis, malemnya ketika tidur di rumah pakde, saya sleep paralysed dan ketika sadar mulut saya masih baca ayat kursi. Didn't it horror right? And it happened again the next day and the the day after tomorrow.

Kalo kata orang si itu ketindihan, tapi apapun itu saya gak suka tiba-tiba gabisa bergerak waktu tidur dan menyadari hal itu. Terlebih lagi kebangun sambil mulut masih baca ayat ayat huhu.

Di tempat pakde, kita diceritain banyak hal. Ternyata pakde ini kelahiran tahun 43 dan juga cerita sedikit tentang hidupnya masa awal kemerdekaan. Serta hidup mbah saya juga yang seorang pejuang melawan belanda. Heee akhirnya saya tau kenapa saya gapernah ketemu mbah dari ayah, karena memang sudah tua dan meninggal sekitar tahun 80an. Mbah saya orang hebat, i knew that.

Pakde saya seorang guru dan keluarga saya memang keluarga guru. Guru itu walaupun gajinya gak seberapa, tapi manfaatnya luar biasa. Guru itu amal jariyahnya banyak, in syaa Allah.

Terus pakde juga cerita betapa keuangan nya itu sulit. Akhirnya ketika bangun rumah, pakde bangun rumah sendiri sambil ngumpulin uang. Nyangkul sendiri, nyemen sendiri, ngecat sendiri bahkan di sekolah juga ikutan ngecat demi dapet uang tambahan.

Pakde seumur umur mentok jadi wakil kepala sekolah, sekretaris, dan bendahara. Ketika mau diangkat jadi kepala sekolah, pakde nolak. Mungkin kecintaan terhadap profesi yang membuat pakde tetap milih jadi guru.

I'm proud of you.

Pakde juga cerita tentang penyakit diabetes dan obat yang dikirim dari medan, usut punya usut, obatnya itu dibuat oleh farmasi USU dan dijual oleh fakultas ekonomi nya. Keren! Obatnya pait tapi worth it.

Jaga kesehatan ya, jangan kebanyakan makan minum manis, banyakin air putih. Ok?

Selesai itu, kita izin balik padahal kita lanjut ke mcd. Pengen makan eskrim mcd. Kita muter muter dan nyasar tapi akhirnya nyampe kesana juga. Sampe jam 4 disana terus kita memutuskan untuk pulang karena malemnya saya masih ada acara lagi.

Keluar dari mall kediri, langitnya udah mendung, bahka gerimis. Tapi ima bilang ayo na gas aja. Ngebuka maps dan jalan yang ditunjukkan itu bukan jalan biasanya. Tapi kita ikutin aja sampe...... Hujan deras pun datang. Konyol banget sebenernya karena kita awalnya nekat jalan. Tapi karena terlalu deras, kita pun neduh.

Disana saya udah takut telat, takut gajadi bisa ngumpul sama yang lain dan ketakutan hal lainnya. Ditambah lagi rasanya mau pipis banget. Tapi yaudah tahan aja. Kita lumayan lama neduh disana. Ujannya deres banget tapi ima ngajak jalan, terobos aja ujannya. Toh ternyata baju yang kita pake juga udah basah. Baju yang niatnya saya pake buat ketemu temen temen sampe malem juga udah basah, gak mungkin make baju itu lagi.

Saya bilang ke ima buat nunggu sampe jam 5. 10 menit, 5 menit,saya gak henti henti doa supaya hujannya reda atau kita selamat sampe tujuan.

Dan alhamdulillah Allah kabulkan doa kedua. Jam 5 kita nekat ujan ujanan, dingin, ima bawa motor pelan pelan, kita diklakson orang, diciprat orang dan akhirnya paham, ternyata orang jawa kalo ujan tetep ngegas ya bawa motornya :')

Kita basah semua, yang pertama karena kecipratan, yang kedua karena hujannya deres :')

Kita balik ke jalan awal, seenggaknya kita harus lewat kota, gak boleh lewat kampung biar gak makin nyasar. Ya Allah jangan banjir, jangan sampe motornya mati.

Ima deg degan, saya deg degan,
"husnaaa, aku takuttt, takuttt."
"tenang tenang, ada Allah. Bismillah bismillah."
Saya ngeliatin jalanan, terus bilang, "gas terus ma gas terus jangan berenti. Gas terus."
Ima terus bilang ketakutan, saya terus terus doa sambil deg degan sampe kita ngeliat jalanan yang agak ke atas. Disitu kita nafas bentar sebelum memutuskan untuk lanjut lurus lagi biar balik ke mall.

Bismillah, lampu ijo kita jalan. Baru beberapa meter, saya ngeliat ada orang yang berenti dan dorong motornya.
"stop ma! Kita gabisa lewat sana, nanti motor kita mati, ini banjir."
Gak lama akhirnya ima berenti, muter balik dan dia terus bilang aku takut naaa. So do i, takut juga hahaha. Seenggaknya jangan sampe motor kita mati. Kalo mati gada yang nolong dan kita gatau gimana caranya pulang hahaha.

Di lampu merah, kita asal belok kiri. Bismillah aja gitu. Dan Allah Maha Baik, kita dibawa ke jalan yang lurus di tengah hujan. Saya banyak banyak doa aja pas dijalan sambil ketawa tawa miris sama ima. Miris banget si. Sedih gitu loh hahaha. Sambil ngetawain kita yang nekat ke mcd padahal udah tau nyasar. Lama lama disana dan yak ampun hahaha.

Emang mungkin ini adalah salah satu keinginan yang Allah kabulkan ya. Karena saya pernah mikirin pengen ujan ujanan disini. Buat saya ujan ujanan itu menyenangkan. Selain basah, kita juga bisa doa banyak banyak dibawah hujan. Seru! Tapi tergantung momennya dan momen yang Allah berikan selalu yang terbaik hehehehe.

Sepanjang jalan kami diliat orang, digodain truk dll. Dan, setelah 2/3 perjalanan, sepertiganya kering kerontang. Disitu saya sama ima makin ketawa ngakak dan miris hahahaha. Sedih banget disana kita basah kuyup dan disini kering kerontang.

Saya udah bikin alesan mau bilang kecebur bak mandi lah biar gak diketawain anak anak secamp hahaha. Tapi alhamdulillah kami sampe camp dengan selamat. Beres beres, nyuci dll.

Akhirnya harus ganti baju buat ngumpul sama temen yang lain lagi. Pake ada acara nyuci baju malem malem pun hahaha.

That was one of the memories that I loved. Kumpul sama temen temen pas malem juga menyenangkan tapi diceritain nya harus beda moment dan nunggu mood nulis bagus dulu hehe.

Trip ke blitar sama anak camp juga belom sempet ditulis. Later, in syaa Allah ❤️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar