Minggu, 13 Oktober 2013

I'm Not Stupid Too

minggu pagi kali ini ditemani dengan sebuah film dari negeri tirai bambu, China. Film yang berdurasi kurang lebih dua jam ini menceritakan tentang kisah seorang anak yang hidup di keluarga yang penuh kesibukan dan jarang berkomunikasi. kedua orang tuanya bekerja, kakaknya yang masih berumur 15 tahun bernama Tom dan ia masih SD, namanya Jerry. Tom and Jerry.
kisah ini bukan tentang Tom and Jerry yang selalu bertengkar, tapi ini tentang Tom and Jerry yang tidak pernah berinteraksi. untuk seorang anak, yang mereka butuhkan adalah didikan agar bisa mengetahui segala hal yang ada didunia ini dengan baik dan sebagai orang tua harusnya bisa menemani mereka dan membimbing mereka dengan baik agar tidak salah pergaulan.

Jerry siswa SD yang ikut tampil dalam drama sekolahnya ia berlatih keras untuk penampilannya, tapi saat sedang latihan ada seorang teman yang iseng mendorong dirinya hingga akhirnya dia 'mencium' seorang anak perempuan. dan temannya yang mendorong itu mengatakan bahwa Jerry akan menjadi seorang ayah karena sudah mencium seorang perempuan, karena menurut mereka ciuman itu menyebabkan kehamilan. karena Jerry tidak yakin dengan teman temannya, ia bertanya ke orang tuanya, ke neneknya, pembantunya, orang tuanya, ia bertanya ke semua orang bagaimana orang bisa hamil dan bagaimana ia bisa dilahirkan. disinilah permasalahannya. saat anak anak ingin tau tapi orang dewasa terus saja mengatakan "kau akan tau saat kau telah dewasa." menurut saya pribadi, jawaban itu sebaiknya tidak diberikan ke anak anak, sebisa mungkin kita harus menjelaskan dengan bahasa yang bisa diterima dan menjawab semua pertanyaan yang akan muncul berikutnya. kenapa? karena keingin tahuan seorang anak itu besar, jika mereka tidak berhasil mereka akan mencari tau sendiri. dan jika mereka sudah mencari tau sendiri, jika dengan cara yang benar maka itu akan baik baik saja, tapi jika caranya salah, yah, entah seperti apa jadinya.

di film itu juga menceritakan tentang betapa egoisnya orang tua atau mungkin karena mereka orang tua mereka jadi merasa dirinya paling benar. saat makan malam, keluarga Jerry berkumpul. hari itu ulang tahun ayahnya, semua orang memberikan selamat dan memberikan hadiah. Jerry memberikan sebuah gambar yang ia bikin sendiri, gambar ayahnya yang hitam total dan hanya berbentuk badan. saat ibunya menanyakan kenapa Jerry memberikan gambar seperti itu, Jerry menyuruh ayahnya berdiri di dekat lampu dan mematikan lampunya, kemudia mengatakan "itulah ayah yang setiap malam aku lihat."
seharusnya orang tua itu berfikir keras bagaimana anaknya bisa berfikiran seperti itu.
Tom juga memberikan hadiah, karena hadiahnya barang mahal, orang tua Tom memarahinya karena memberikan hadiah mahal. "aku membelinya dengan uang ku sendiri." kemudian ibunya Tom menjawab, "aku memberimu uang setiap hari bagaimana bisa kau mengatakan kau beli dengan uang sendiri."
FYI, Tom adalah blogger handal yang pernah memenangkan kompetisi blog. Tom menyukai design seperti itu tapi orang tua Tom mengatakan bahwa hal itu sangat tidak penting, lebih baik jika Tom belajar dan terus memperbaiki nilainya.
sebaiknya sebagai orang tua menyadari bakat si anak, bukankah di dunia yang sebenarnya atau di dunia kerja saat kita dewasa kita tidak akan ditanyakan apa rumus gravitasi?
memang hal itu harus kita pelajari saat di sekolah, tapi it's okay to love what you love, you don't have to be good at anything, but you must be good at something.

itu hanya sebagian kecil cerita yang mengajarkan kita, khususnya saya bagaimana cara berkomunikasi dan mengerti anak. i don't know why and how but i love children and all i want to do is make them happy become a kid.
buat orang orang yang ingin menikah, ingin punya anak, sudah punya anak, sedang mengasuh anak dan buat pecinta film juga, film ini wajib banget ditonton. entah berapa tetes air mata yang keluar pas saya nonton film ini. bahkan saya sampe sesenggukan mendengar celetukan celetukan polos dari Jerry tentang ia butuh waktu ayahnya.
film ini bukan tentang Tom and Jerry tapi juga tentang seorang anak yang bernama Chengcai. ia  tinggal hanya dengan ayahnya. Chengcai sangat suka berantem dalam artian positif, tapi karena ayahnya tidak suka dengan apa yang Chengcai lakukan karena masa lalunya yang buruk saat bertanding, ia melarang Chengcai untuk mendalaminya. akhirnya mereka sering berantem karena perselisihan pendapat.

yah, pokoknya film ini keren banget lah, so watch it guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar