Selasa, 08 Oktober 2013

Stop Act Like You Have Top Secret

sedang menjelajah dunia maya lalu menemukan link ini.
karena saya tidak terlalu berminat dengan dunia politik, labil ekonomi, statusisasi indonesia dan lain lainnya. saya hanya baca aja, dan cukup buat pengetahuan saya aja.
yang mau saya sampaikan adalah waktu di kelas dulu, ada seorang teman yang pernah menyinggung tentang link di atas. betapa kayanya Indonesia tapi ada di bank Swiss. nah, saya penasaran. penasaran banget banget banget, saya tanya, tanya tanya dan terus tanya tapi jawabannya adalah "itu rahasia, gak banyak orang yang tau"
"terus gimana caranya lu tau?"
"ya adalah orang yang bilang ke gue."
"siapa?"
"ada orang."
"dia bilangnya gimana?"
"ya begitu, pokoknya ini rahasia."
"ih, tinggal ngasih tau aja susah banget sih."
"ini rahasia bel, gak boleh dikasih tau siapa siapa."
"jadi indonesia sebenernya kaya?"
"iya, cuma uangnya ada di bank swiss."
"kok bisa?"
"ya gitulah ceritanya."
"apa susahnya sih tinggal ngasih tau doang?"

kira kira perdebatan panjang lebar yang bikin saya naik darah, makin penasaran dan kesel sendiri karena betapa susahnya buat dapet informasi dari temen saya itu.
yang ada dipikiran saya waktu itu adalah, emangnya anda siapa? anda cucuknya Soekarno? anda generasi penerus yang dimaksud? atau anda orang yang punya akses ke bank Swiss?
apa susahnya sih tinggal ngasih tau? kenapa saya yang udah nanya panjang lebar cuma dijawab gitu aja?
mungkin buat beberapa orang yang gak penasaran, it's ok. tapi buat saya enggak. walaupun saya cuma pengen tau aja. bukankah sebagai rakyat indonesia saya juga berhak tau?

rasanya sesuatu banget deh kalo udah penasaran tapi gak bisa nemuin jawabannya.
cuma mau bilang ke orang orang yang kadang suka pelit informasi apalagi informasi yang ibaratnya umum banget kaya di atas. coba deh pikir ulang, kalo cuma dipendem buat diri sendiri emang ada untungnya?
lagian ini pengetahuan umum, dengan kita ngasih tau ke orang lain gak akan ngebuat diri kita jadi 'kalah tau' atau gak update.
enggak, gak gitu.
gak ada salahnya kan berbagi informasi?
so, please stop act like you have top secret that you can't tell to anyone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar