Jumat, 07 Juni 2019

Serial Wonderful Family

Buku ini bagus, dan sangat teknis.
Pak Cah, yang nulis buku serial wonderful family ternyata bikin seri lainnya. Dan, menurut gue ini worth it banget buat dibaca. 

Ada beberapa seri sebenernya 
Wonderful journey to a marriage 
Wonderful mariage
Wonderful couple 
Wonderful family 
Wonderful wife
Wonderful husband

I bought that book at IBF, dan dapet diskon. Lupa harganya berapa tapi gapernah nyesel si bacanya. Cuma yang wonderful husband sama yang wonderful family udah diserahkan ke yang lebih membutuhkan. Ea wkwk

Buku wonderful family ini gue kasih ke temen yang pernah seliqoan tapi gue gabisa dateng karena satu dan lain hal. Terus yaudah gue janjian dan iseng aja sebenernya ngasih buku itu.

Beberapa waktu kemudian... Jeng jeng. 

Temen gue itu update ig story yang isinya surat cinta dari suaminya. Lucu si, gue reply lah sambil bilang dasar penganten baru heuheh

Gataunya temen gue itu bilang, "na itu gegara kita baca buku yang hadiah dari kamu. Kita baca bareng terus dia jadi so sweet gitu." 

Ya Allah, seneng banget jadinya ngasih buku itu ke orang yang pas butuhnya :3

Emang ternyata buku buku kaya gitu lebih pas kalo dibaca bareng partner si, biar apa ya, mungkin biar bisa praktek bareng. 

Nah, gue sekarang lagi memasuki buku wonderful marriage. Buku ini lanjutan dari wonderful journey to a marriage. 

Kita bahas satu satu buku yang udah gue buka ya. 

Wonderful journey to a marriage itu harus banget dibaca bagi yang mau nikah. Karena buku ini ngebahas persiapan kita sebelum nikah. Tentang persiapan fikriyah, jasadiyah, materi, dll. Bahkan sampe pada tahap istikhoroh kalo calonnya udah ada. 

Dibahas juga tu tahapan nazhor, silaturahim bahkan ke penantian menuju khitbah. 

Jangan sampe salah pilih, jangan sampe asal asalan. Gitu. Dan jangan sampe kita jadi orang yang gak mempersiapkan ibadah seumur hidup itu. 

Nah selanjutnya setelah buku wonderful journey to a marriage. 

di buku wonderful marriage ini bahas detail banget mulai dari khitbah, caranya, contohnya, khitbah masa Rasulullah dll. 

Ini penting banget si karena ternyata dibuku ini ditulis kalo udah ada laki-laki yang "meminta" perempuan ke walinya dan si perempuan ini mengiyakan (bisa dengan diam) berarti itu udah masuk ke khitbah. Jadi khitbah itu gak harus tanggal lamaran yang kedua keluarga besar ketemu itu. I just knew it. 

Sebelum khitbah juga dijelasin kalo khitbah itu berarti urusan kita sama keluarga itu udah selesai. Gada konflik yang akan muncul dikemudian hari. 

Lagi lagi, pak cah ngasih contoh dari permasalahan yang muncul setelah khitbah tapi ada masalah keluarga. 

Gue belom selesai baca ini, tapi liat di daftar isi, ini bener-bener teknis banget. 

Sampe persyaratan administrasi buat pernikahan juga ada disini. Hanya saja, buku ini gak update. Jadi mungkin beberapa hal gak dijelasin ya kaya tes kesehatan sebelum nikah dan sebagainya.

Selanjutnya dijelasin tentang kepanitiaan buat acara resepsi, bikin anggaran pernikahan dan lagi lagi contoh pernikahan yang gagal karena tidak baiknya persiapan menuju resepsi. Padahal resepsi itu kan gak wajib ya hehe.

Terus, sampe berikutnya kayanya perlu ditunda dulu bacanya sampe "tiba waktunya."

Karena ini bener-bener teknis banget. Dan kayanya malu gitu kalo ditulis wkwk. 

Pun juga dengan buku wonderful wife. Karena semangaaaat banget akhirnya gue baca duluan dan baru beberapa halaman gue memutuskan buat stop dulu. Karena apa yaaa, mungkin karena terlalu teknis dan gue rasa otak gue akan cepet lupa kalo dibacanya dari sekarang. Mungkin nanti kalo udah bener-bener tiba waktunya baru seriusin baca itu sebagai bahan persiapan ya. 

Terus na, gak persiapan dong?
Et, bukan gitu. 

Pernikahan itu luas banget ternyata. Dan harus dipersiapkan banget banget juga. Banyak dengerin kajian tentang persiapan, kesabaran, keikhlasan sampe ke parenting. 

Sebenernya parenting ini si yang gak kalah penting, karena goal nya apa nanti pun bisa dibahas bareng partner, tapi teknis parenting ini yang perlu dipersiapkan. Walaupun anak yang satu dan satunya lagi berbeda, tapi dengan berbagai referensi tips mendidik anak, kita bisa jadi kaya khazanah pengetahuan. Jadi ketika tau anak kita ini tipe kecerdasan yang mana, kita bisa eksplor dibagian itu. 

Wah seru sih. 
Bahkan parenting ini bisa kita praktekin ke anak orang dulu 😂

Terus buku buku pak cah yang lain, selain yang gue ceritain di atas, belom kesentuh buat dibaca. Apalagi yang wonderful husband sama wonderful family hehe. 

Selain dua buku itu, kalo ada yang mau minjem sangat diizinkan banget yak. Apalagi buat yang mau persiapan. Pokoknya banyak banyak belajar buat masa depan yes. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar