Sabtu, 29 Juni 2019

Mereka Datang Lalu Kamu Belajar

Dari satu dua hal kehidupan, ada barangkali yang ketiga yang kamu putuskan untuk petik hikmahnya. Diambil untuk dijadikan pembelajaran.
Kata orang orang, kamu mengajar. Padahal sejatinya kamu yang sedang belajar.
Kata orang orang kamu berbagi ilmu, padahal kenyataannya kamu yang sedang mengumpulkan sebanyak banyaknya pembelajaran.
Satu orang datang, kemudian kamu ambil pembelajaran dari kedatangannya. Untuk apa dia datang sampai kenapa akhirnya tak bisa lagi membersamai.
Dari kedatangan satu orang saja, hatimu mendapatkan banyak rasa. Senang sedih terharu bangga bahagia. Semuanya silih berganti sampai tak ada lagi waktu membersamai.
Selanjutnya bagaimana kalau yang datang dalam jumlah banyak?
Tentu saja hidupmu menjadi lebih berwarna.
Sekali waktu kamu akan menengok, mengingat kembali bagaimana mereka yang banyak itu bisa tiba tiba saja datang dan menjadi bagian dari sesuatu yang harus kamu perjuangkan masa depannya.
Perasaan bertanggung jawab, karena mereka sudah datang maka apa yang akan mereka lakukan kemudian adalah salah satu kewajiban yang harus kamu perhatikan.
Sesekali kamu merasa khawatir tentang benar kah cara yang kamu pilih untuk "menangani" mereka. Dilain waktu kamu sedih karena harus kembali mengeluarkan emosi berlebih.
Kamu berniat hari ini agar lebih banyak tertawa dan tersenyum, tapi ternyata semua tidak pernah mudah. Kamu ingin yang sempurna namun mereka tak mampu mengikuti ritmemu.
Kamu sedih.
Lalu kamu belajar untuk memperlambat langkah.
Sampai pada satu titik, lalu kamu memutuskan sudah cukup.
Tak ada yang pergi, kamu hanya ingin lebih banyak belajar di banyak tempat. Tapi kamu bersedih, namun keinginan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dan banyak tak juga sirna.
Kamu melangkah lebih jauh, sesekali menengok apa yang telah ditinggalkan, tak ingin sedih berlebihan tapi kamu sejujurnya merasa sangat kehilangan.
Tapi tentu saja kamu akan menjadi yang paling tegar disini, karena meyakini apa yang akan kami temukan di depan sebagai sesuatu yang baik. Dan you couldn't ask for anything better.
Kamu banyak bersyukur belakangan ini dan orang orang yang sempat hadir, terutama mereka yang memberikan banyak pelajaran, ingin rasanya kamu datangi satu satu sambil menyampaikan "terima kasih ya sudah datang dan menghadirkan pembelajaran yang banyak."
To all my lovely students, thanks a lot but life must go on. We have to decide what we want to do and how we can make it possible.
I've learned a lot from all of you and tonight I feel like losing you guys is one of the hardest part. I feel sad but also excited for what will come next.
I wonder if I have done my best while teaching you and did I inspire you enough to always do the best in your life and make you brave enough to dream and fight for it.
I accidentally feel like the evil one.
And making you jealous of my life now isn't what I want you to feel. But i can't keep this excited feeling alone and all of the positivity 
It's hard for me to not updating my status and try to make everyone inspired dududu. This is wrong I know, but I enjoyed it much. I believe that every single thing i share will give positive impact on the people who read it. Even not all of them at least one.
Btw,
I love you 3000000!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar