Rabu, 23 Mei 2018

Goes To Pare

Pasca wisuda kemaren, yang ada dipikiran gue adalah gue mau melakukan sesuatu yang beda. Tapi gimana caranya gue bingung hahaha.

Beruntung nya adalah gue punya temen yang ba'da lulus langsung kabur ke Pare, belajar bahasa inggris disana. Yaudah gue kepoin dikit dan yak, gue memutuskan untuk melakukan hal yang sama.

Awalnya gue merencanakan kesana tanggal 10 april. Tapi gue akan otw jawa timur dari 24 maret, gue akan ngeliat Indonesia dulu guys!

Cuma, kayanya gak husna banget gitu kan kalo hidup sesuai rencana yang ada. Aneh emang, gue lebih sering ngebuat rencana yang akhirnya gue ubah seketika. Tapi gue juga sering si bikin to do list harian atau mingguan, tapi kalo buat rencana hebat macem gini, kayanya engga bisa deh gue._.

Singkat cerita, gue gugling tentang kampung inggris pare. Dan gue menemukan sebuah OA line nya eureka kampung inggris. Yaudah gue ikutin aja deh. Dua hari gue chat chat sama mbanya, terus gue juga nanya sama temen temen gue yang pernah ke pare tentang gimana si hidup disana dan gimana cara ikutan program nya, gitu gitu.

Gue kembali gugling nama nama lembaga yang di rekomendasi kan temen gue. Semuanya bagus dengan program unggulan masing masing. Terus, gue mikir aja gitu apa yang akan gue lakukan sambil nunggu tanggal 10 april kalo gue jadi ambil program yang tanggal segitu. Terus berarti gue baru balik 10 mei? Duh, hidup gue di jakarta gabisa ditinggal lama lama.

Dengan modal nekat, gue pun daftar online via OA line tersebut, if you want to know the account, feel free to ask me guys.
Dan gue daftar di Kresna dengan program TOEFL, sebulan, sekalian cariin tempat tinggal di camp English area. Itu aja.

Sebenernya disediain juga si jemputan gitu. Cuma mahal brooo hahaha 70rb. Udah gitu gue juga masih gajelas mau gimana gimananya. Maklum ya, gue emang unprepared gitu orangnya.

Beruntung nya gue beli tiket kereta tanggal 24 ke stasiun gubeng. Terus jam set5 pagi gue rencananya akan naik kereta lagi arah Pasuruan. Tiket sudah dibeli guys hahahaha. Harusnya fix tiket ini menandakan sebuah keseriusan ya kan? Tapi ternyata engga.

Sampe hari keberangkatan gue, gue masih gugling gimana caranya biar nyampe kampung inggris. Dari stasiun kediri, Surabaya, jombang, blitar, segala macem tempat gue gugling. Gue masih gatau apa yang akan gue lakukan nanti.

Gue masuk kereta dan biasa kan ya mba mba nya ngejelasin rute yang akan dilewatin kereta itu. Terus gue denger ada kata kata stasiun jombang. Guys.... Gue menemukan tempat pemberhentian tiba tiba....

Terus gue ngabarin kakak gue, sambil dia ngomel ngomel karena gue yang harusnya ke rumah dia dulu baru ke pare tanggal 10,eh malah tiba tiba langsung ke pare. Sebel deh dia~

Ditambah lagi gue bilang kalo dari stasiun Jombang ada elf yang langsung ke pare, gue bisa nyampe dengan selamat kalo ngikut rute itu. Kata gugel si gitu.

Akhirnya kakak gue bilang "yaudah lu hati hati aja" beberapa jam kemudian gue inget kalo gue bawa barang barang, terutama baju buat kakak gue. Yaudah gapapa sementara waktu gue simpen dulu. Beberapa jam kemudian gue baru inget kalo gue bawain ati sama jengkol masakan ayah ibu!!!

Kalo gak segera diselamatkan bisa busuk dan ketika ngerantau kemudian ngeliat masakan orangtua basi, mungkin sedihnya berkali-kali lipat ya. Jadi gue hubungi kakak gue lagi, gue bilang kalo gue bawa makanan buat dia dan gue gatau apakah di camp gue ada kulkas, gue juga gatau seberapa lama lagi makanan ini akan awet, terus akhirnya kakak gue bilang, "zzzz ribet banget si lu. Udah besok gue ambil ke pare. Lu kasih tau alamat ke gue aja. Nanti sore gue sama ka aji cari penginapan di kediri."

Guys, Allah Maha membolak balikan hati, dan gue yang paling sering bikin orang kerepotan. Ya alhamdulillah si. Akhirnya gue gugling rute kereta gaya baru malam Selatan. Gatau bener apa engga namanya. Gue cek nyampe jombang itu jam setengah satu. Gue pasang alarm biar gak keterusan dan akhirnya gue bisa menikmati jalanan.

Gue ngobrol, nonton film, makan, tidur, ngobrol, makan dll. Tapi rasanya gak nyampe nyampe. Sampe akhirnya orang orang pada turun, Waktu udah malem dan gue bisa tiduran di kursi gue. Alhamdulillah.

Sesekali gue bangun make sure kalo gue gak kelewatan. Dan yang gue sayangkan adalah ketika keretanya lewat Madiun, gue gak bangun. Padahal Madiun itu kota bersejarah banget buat gue. Dan rasanya sayang banget kalo gak diliat walaupun malem dan semua gelap hahahaha.

Well actually gue gapernah ke Madiun, cuma Madiun selalu terasa akrab karena ada sejarah pemberontakan PKI Madiun 😂

Jam 12an gue udah bangun, terduduk, takut kelewat. Lima belas menit kemudian gue pastikan barang barang gue udah turun dari tempat naro barang diatas (ini namanya apa ya?). Setengah zombi gue mulai ikutin ibu ibu yang juga mau turun. Bawaan gue gak banyak, cuma satu ransel, satu koper, satu tas tenteng, satu kerdus. Cuma itu, cuma.....

Yang kerdus punya ka ana, yang tas tenteng isinya makanan kalo laper, yang ransel isinya jiwa raga, koper isinya segalanya. Jadi intinya cuma koper dan ransel aja.
Ok skip.

Selanjutnya gue sempet diusir satpam karena lama banget di kamar mandi dan sholat nya. Ya gimana lagi. Orang bangun tidur ya harus fresh gitu loh.

Terus gue duduk duduk ditempat nunggu. Ternyata gue gak sendirian. Ada juga orang yang lagi nunggu bus ke malang dan kediri. Besok besok gue akhirnya paham kenapa orang orang itu gak langsung beli tiket yang ke arah tujuan mereka.

Abis itu gue ngobrol sama ibu ibunya. Gue bilang mau nitip tas karena gue mau jalan-jalan........

Pernah gak si lu nemu manusia baru nyampe pertama kali ke suatu tempat langsung jalan jalan dan itu tengah malem? Kalo gue beneran Cinderella mungkin gue udah berubah jadi upik abu. Dan gue berani berani nya nitip barang ke ibu ibu yang baru dikenal... Iya koper dan seluruh jiwa raga itu 😶

Jalan lah gue ngeliat tulisan alun alun jombang. Gue bangga banget guys bisa sampe sana sendirian, bermodal gugel dan berani jalan jalan. Gue si oke aja ya, gak mikirin banyak penculikan luar sana.

Terus gue mampir di masjid agung nya. Numpang sholat dan istirahat. Abis itu gue berencana buat nongkrong di angkringan gitu kan, aseli ini alay banget. Tapi ngeliat semuanya laki-laki, akhirnya gajadi.

Gue balik ke tempat barang barang gue dan memutuskan buat tidur sampe gue ngerasa stasiun mulai rame. Adzan shubuh berkumandang, gue pun jalan ke masjid. Ibu ibu sama bapak bapak yang disitu udah pada pamit ke tujuan masing masing. Gue nitip koper dll ke penjaga parkir dan langsung ke masjid.

Lucunya adalah orang orang ngasih tau gue kalo tempat akhwat itu disebelah selatan. Rasanya mau ketawa ngakak aja dikasih tau arah timur utara barat selatan 😂

Gue engga bisa baca arah mata angin ya kan, sekalinya dikasih tau arah timur Selatan gue selalu ketawa. Walaupun ini sebenernya bukan kali pertama gue ke jawa dan dikasih tau arah model begini.

Di tempat wudhu ada ibu ibu nyapa gue, nemenin gue wudhu, nemenin ya guys, nemenin. Ibunya udah wudhu. Tapi mungkin karena ibunya tau gue pendatang akhirnya ditungguin. Terus dianterin ke tempat ngambil mukena, sampe akhirnya bareng ke tempat sholat. Engga ngerti lagi gue. Kenapa ya orang jawa baik baik banget.

Selesai sholat, ibu ibunya nyamperin lagi, nanya gue darimana. Gue bilang aja dari jakarta. Terus ibunya kaya "ya ampun ndok, ngapain kesini? Sama siapaaa?" pake bahasa jawa si, tapi gue dikit dikit ngerti artinya.

Gue bilang kalo gue sendirian dan berencana buat ke pare. Terus gue juga diajak minum wedang jahe. Disitu gue juga nanya tentang elf yang ke arah pare. Ibunya jelasin, "nanti kamu jalan ke arah utara, terus nyebrang rel, terus ke arah barat." gue berusaha sekuat tenaga buat gak ketawa. Gada yang lucu emang tapi ya gimana. Masih belom biasa hahahaa.

Akhirnya gue salim, terus pamitan sama ibunya. Tadinya ibunya mau ngajak gue ke rumahnya 😂
Plis, jangan baik, nanti gue sayang kan repot :3

Terus gue balik ke stasiun, ngambil barang barang, pamitan sama penjaga stasiun dan jalan like zombie ke halte.

Tau gak si, barang barang gue itu merepotkan banget - _-
Tapi gue emang beruntung si, alhamdulillah nya ketika gue nyebrang rel dan jalan ke arah barat, ada orang yang teriak, "pare pare." wah, gue masih jalan santai sampe bapak bapaknya nyamperin gue terus gue iyain deh, gue mau ke pare~
Barang barang gue dibawain deh, terus gue naik elf, dan bobo di elf.

Gue diturunin di.... Persimpangan rs apaaa gitu. Desa Tulungrejo kalo gue gasalah. Ongkosnya sebenernya 15rb, tapi karena gue bawa barang banyak, jadi 20rb.

Terus gue langsung naik becak ke camp gue. Setelah gue lama tinggal di pare, gue ngeliat disana banyak gojek dan menyayangkan harusnya gue turun di terminal pare aja biar bayar gojek bisa lebih murah hehehehe. Lumayan gojek dari terminal ke camp cuma 4ribu wkwk. Kalo becak 20rb..

Gue menikmati perjalanan gue dengan becak. Seru si, belom mandi, masih berantakan, terus kaya turis gitu. Banyak yang sepedahan, ngeliat orang orang dan kaget sama harga harganya.

Gue kira gue akan nyampe camp siang atau sore bangeeeet. Kenyataannya jam enam pagi gue udah disana.

Dibandingkan dengan naik jemputan 70rb,mending naik elf sama becak ya cuma 40rb wjwj. Kalo beca diganti gojek jadi cuma 24rb. Murah banget gak si?

Oke cerita selanjutnya gue tulis kapan kapan kalo gak mager yes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar