Selasa, 28 April 2020

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَاَ نَّهٗ هُوَ اَغْنٰى وَ اَقْنٰى ۙ 
"dan sesungguhnya Dialah yang memberikan kekayaan dan kecukupan."
(QS. An-Najm 53: Ayat 48)

Masih dalam suasana covid19.
Timeline, wa grup sebagian besar berisi dagangan dan kajian. Alhamdulillah, kajian online makin banyak yang ngadain. Seliweran dimana mana sampe bingung mau ikut yang mana 😂

Terus, yang gak kalah rame pun tentang dagangan. Ibu saya bilang, "kalo ada orang jualan, beli aja. Itu cara mereka dapet rizki, dan itu juga cara kita dapet rizki.

Awalnya saya gak terlalu mikirin, karena ibu bilangnya dari sebelum bulan puasa. Tapi kesini sini saya perhatiin timeline WA saya kok makin rame yang jualan ya 😂

Bahkan yang gak biasa dagang pun posting dagangan, jualan. Entah itu kue, buah, takjil, makanan berat, baju, celana, mukena, semua ada. 

Dan dagangan mereka laku. Banyak yang beli padahal saya engga ikutan beli. Iya gak ngaruh si hehe. 

Tapi biasanya saya suka mikir kalo ada yang jualan apalagi kenal sama orangnya gada salahnya dong buat beli. Cuma kemaren maren ini males aja belinya, gak pengen aja. Terus beberapa hari kemudian orang orang tersebut posting testimoni dagangan mereka. 

Saya jadi penasaran, tapi bukan penasaran tentang seberapa enak makanan atau seberapa bagus pakainnya yang dijual sehingga dapet testimoni kaya gitu.

Saya cuma penasaran, kok bisa ada orang jualan dan ada yang beli. Yang jual satu tapi yang beli dimana mana. Terus abis dagangannya dibeli sama satu orang, muncul puluhan orang lain lagi yang beli dagangannya. 

"dateng darimana para penbeli itu?"
"apakah mereka benar membutuhkan barang yang dijual tersebut?"
"kenapa mereka membeli dagangan tersebut."

Saya berpikir dong ya akhirnya. 
Beberapa minggu lalu pun saya juga sempet posting kurma, dagangannya temen saya. Ada si yang beli, cuma gak serame dagangan orang lain 😂

Mikir lagi dong saya hahahha. 
Kok bisa ya, saya yang jual lakunya cuma sedikit tapi orang lain yang jual udah sampe mana mana dagangannya bahkan antar pulau. Padahal dagangan yang kita jual sama 😂

Wah, konspirasi nih hahaha. 

Saya coba telusuri, mungkin temen temen saya bukan tipikal yang suka belanja. Mungkin jaringan saya kurang luas. Mungkin saya emang gak bakat jualan.

Tapi engga juga ah. 
Banyak kok temen saya yang lain yang gak biasa dagang tiba-tiba jadi pedagang terus laku aja. Yang orangnya kalem terus tau tau dagangannya laris manis juga banyak. 

Akhirnya setelah banyak mikir, barulah otak saya sadar. Emang gak peka saya ini. 

Iya, baru sadar, kalo itu cara Allah ngasih mereka rizki. Saya, punya jalur rizki yang lain, beda dari pedagang itu. Barangkali rizki saya berupa barang yang mereka jual. Dan rizki mereka adalah uang yang saya daper dari sumber lainnya. 

Kan, rizki itu adalah sesuatu yang kita konsumsi ya. Uang tabungan, uang gaji, uang yang di dompet, bisa jadi itu bukan rizki kita. Rizki kita adalah yang kita gunakan/makan.

Dan mereka menjual rizki saya, saya berikan ke mereka rizki mereka. Mudah aja sebenernya. Saya mikirnya yang kelamaan. 

Dan itu semua udah Allah atur dan Allah yang bilang kalo Allah yang akan kasih kekayaan dan kecukupan. Setelah kata kekayaan, Allah lanjutkan dengan kata kecukupan.

Kaya aja gak cukup, yang penting itu cukup. 
Mau beli makan cukup. 
Mau sedekah cukup. 
Mau jajan cukup. 
Mau beli buku cukup. 
Mau beli mobil cukup.
Mau beli rumah cukup. 
Mau naik haji cukup. 

Hehe. 

Gak bisa sekedar kaya, tapi juga harus cukup. Dan Allah sampaikan dalam ayat cintaNya bahwa Allah yang berikan kekayaan dan kecukupan.

Terjawab ya pertanyaan kenapa para pedagang itu selalu bertemu dengan pembelinya. 

Jangan khawatir, burung aja dijamin rizkinya, masa kita manusia ciptaan Allah yang mulia engga dikasih rizkinya hehe. 
Tenang, ada Allah.
Mudah mudahan lancar ya rizkinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar