Senin, 27 April 2020

kita nih sebenernya tau, tapi..

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

"Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

gitu kata Allah. dan itu bener, terjadi sekarang.
dan Allah udah ngasih tau juga solusinya.

jadi, sebenernya itu kita udah tau dengan kondisi kita, cuma kadang kitanya kurang peka atau malah gak mau peka. ini masalah bersama emang. ketika masalah dan solusi sebenernya udah jelas banget di qur'an tapi kita gak cukup bersahabat sama quran sehingga gak semudah itu untuk menemukan jawaban atas permasalahan.

memang, gak semudah itu.

ketakutan, kelaparan, kurang harta, jiwa dan buah-buahan itu bukan hal yang sepele buat manusia, buat saya juga. apalagi jadi mahasiswa tingkat akhir dengan kondisi yang kaya gini. duh, ketakutan dan di kepala udah mikirin gimana buat bayaran semester depan. itu udah keliatan banget bahwa apa yang Allah sampein itu beneran terjadi sama saya.

tapi diakhir ayat Allah ngasih tau lagi.

"sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar."

itu, kuncinya cuma sabar. dan Allah bersama orang yang sabar.
sederhana banget ya. ketakutan, kelaparan, kurang harta, jiwa, buah-buahan, kuncinya cuma sabar. sabar atas segala ketetapan Allah.

dan sesungguhnya kesabaran ini engga mudah, makanya Allah ngasih tau buat sampein ke orang yang sabar bahwa akan ada kabar gembira.

apa kabar gembiranyaaa?
silakan dicek qur'an nya dan dibaca ayat lanjutannya.

memang kehidupan sekarang itu rasanya selalu lebih sulit daripada yang dulu-dulu pernah kita rasain. memang qodarullah nya gitu. gak mungkin dong hidup dulu lebih susah dari sekarang. tiap ujian, harusnya lebih berat karena kita kan mau naik kelas hehehe.

dan orang-orang yang gak bersabar atas ujian Allah ini, yang ada makin merasa kesulitan. dan gak dapet kabar gembira dari Allah.

bocoran nih yaa, di ayat ayat berikutnya, Allah ngasih tau kalo orang yang bersabar itu akan dapet ampunan dan rahmat dari Allah.

waaah. ada lagi gak yang kita butuhkan dari itu?
hehe. harusnya gak ada. harusnya kita cuma butuh Allah.

memang ini gak mudah, memang. apalagi kalo lagi laper berat cuma disuruh sabar, gak mudah ya hehe. apalagi pas lagi laper-lapernya, gak punya uang, terus ada orang yang bilang "nikmatin aja lapernya,sabar aja, nanti ada kabar gembira dari Allah berupa ampunan." kalo sampe ada orang yang bilang kaya gitu, bisa jadi malah ngajak berantem ya hahaha.

tapi, hal yang terpenting perlu digarisbawahi adalah karena sabar itu sulit makanya hadiahnya besar. dan husnudzon atas ujian dari Allah itu sulit, makanya hadiahnya ampunan.

gitu.

kita ni sebenernya udah tau, udah tau ujian dan solusi. masalah dan jawaban. cuma gabisa jalanin aja, kesulitan. gitu si kayanya.

1 komentar:

  1. Kalau mundur ke ayat sebelumnya, solusi bagaimana menghadapi ujian ini pun sudah dikasih tahu.

    BalasHapus