Rabu, 19 Agustus 2015

Behind the scenes of marriage

Siapa yang ngira ternyata di akhir liburan malah undangan walimah berdatangan. Ada yang sehari 3, ada yang dua hari berturut turut. Ada juga undangan dari luar kota. Wihhh, panen.

Emang, dari tahun sebelumnya juga udah dikasih tau, kalo bulan syawal pasti rame undangan. Kalo tahun sebelumnya cuma dapet dari temen2 luar kota, sekarang dapet dari tetangga sebelah, ada juga yang dari temen seangkatan.

Ternyata nikah itu.... Gatau ya kaya gimana, cuma bantu bantu yang mau nikah itu rasanya juga luar biasa. Walaupun hanya selevel ngupasin kentang.

Ada juga yang bantuin nyebar undangan, eh dikira kita yang mau nikah.  Alhamdulillah, aamiin aja lah, hahaha.
Pas hari H nikahannya, malah ditanyain kapan nyusul. Luar biasa lho.

Tentang nikahan, Beberapa minggu sebelum nikah, nulis undangan, bungkus souvenir, nemenin luluran. Hal hal sepele ini ternyata dikerjainnya pake tangan lho. Kebayang gak, ngundang 1000 orang, nyiapin souvenir 1100, dan semuanya mesti diplastikin. Pake apa mlastikinnya kalo bukan pake tangan?

Saya jadi sadar banget, bahwa selama ini kuraaaaang menghargai pekerjaan kecil macem itu. Kalo bungkus nya jelek, komen ini itu, gak rapi, atau kurang estetikanya, langsung komen. Duh. Padahal ngebungkus itu bukan hal yang menyenangkan loh. Udahnya banyak orang yang ngebuka asal sobek sana sini. Buang sampahnya sembarangan.

Kita mesti sering sering nih ngelakuin hal kecil, supaya banyak bersyukur dan makin menghargai pekerjaan orang sekecil apapun.

Terus bantuin ngupas, bayangin aja berkarung karung kita kupas, begitu udah mateng ada yang ngambil kentang tapi gak dimakan. Seenaknya aja ngebuang. Padahal ngupasnya itu cape. Tangan pada coklat.

Ini teguran buat saya dan kita semua.  Kalo emang gak suka sama makanan, jangan diambil, biarin aja di tempatnya. Rasulullah gitu kan? Gak komen ini itu, tapi ngediemin aja.

Dan lagi, kalo kata ibu saya, ambil aja makanan sedikit, biar gak dibuang buang. Eh. Ini malah ada yang ngambil seenak jidat, terus pas udah kenyang langsung buang seenaknya. Lupa kali ya kalo banyak orang kelaperan diluar sana. Lupa kali ya, buat jadiin itu makanan butuh proses panjang lebar. Mungkin dia juga lupa, betapa lamanya nunggu bibit supaya bisa dipanen.

Mungkin mereka gapernah ngerasain itu semua, makanya kurang menghargai.

Selain kisah di atas, sebenernya ada banyak, banyak banyak banyak banget hal hal yang bisa dijadiin bahan refleksi. Perenungan. Gak cuma tentang nikah nya, tapi perjuangan orang orang di balik layar.

Mungkin kita keenakan karena ada jasa catering. Tapi kita pernah mikir gak si ngeberesin bekas makan orang yang kita tau dia aja engga. Ngeliat batang idungnya aja engga. Eh ini disuruh beresin bekas dia makan. Duh~~~~

Semoga, kita selalu jadi orang orang yang bersyukur dan selalu menghargai hal hal kecil.
Semoga kita diberi rasa peka yang luar biasa hebat agar selalu menghargai.
Semoga kita selalu terjaga dari rasa sombong dan menyia nyiakan.

Setelah mengaamiin kan sama sama, semoga kamu, iya kamu, segera menyusul jadi Raja atau Ratu sehari ~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar