Jumat, 17 Mei 2019

Beberapa waktu ini, gue memutuskan untuk mengenal diri sendiri lebih jauh. Awalnya gegara ngeliat postingan sodara tentang tes mbti. Gue yang dulu pernah ngambil tesnya juga akhirnya memutuskan untuk re-test.

Hasilnya?

Mencengangkan.
Gue.... INFP.

Penjelasannya cukup panjang si, gue baca beberapa dan yak bener. Sesuai. Tapi besok paginya gue putuskan buat re-test. Dan jawabannya konsisten.

Berarti itu soalnya valid dan reliabel ya, okesip~

Gue sering mikir, apa yang salah di diri gue. Kenapa gue banyak melakukan sesuatu yang beda dibandingkan orang lain.

Ternyata, tes itu pelan pelan ngejawab.

Gue juga ngeliat meme gitu kan tentang INFP. Dan ada satu yang menurut gue menarik.

Disitu ada gambar orang dan dia bilang, "so you're an INFP? So... Tell me why is the world so heartless."

Gue baca pertanyaan itu langsung sedih ya 😂
Kocak banget emang. Gue bahkan langsung mikirin, ia kenapai si everyone so heartless, why there's so much conflict in the world. Huhuhu.

Padahal itu meme ngeledek, tapi gue mikirin banget. Dan ternyata itu emang ciri INFP.

Well gue gak 100% membenarkan semua, apalagi temen gue anak psikologi pernah bilang jangan terlalu mematok diri pada yang demikian itu, karena tiap manusia itu unik.

Cuma menurut gue, engga ada yang salah dari mengenal diri sendiri. Seenggaknya setelah kita kenal diri kita, kita bisa menentukan mana yang terbaik buat kita pilih. Jalan yang mana dan kira kira kita nyaman gak si atau mau berjuang gak si kalo milih jalan itu. Gitu.

Sebenernya, dalam hidup ini, kita hanya butuh sadar sepenuhnya kalo kita adalah Hamba Allah. Allah udah kasih petunjuk melalui qur'an, hadits dan kehadiran ulama ulama muslim.

Ketika kita selesai dengan pemahaman tentang kehambaan dan kewajiban untuk taat kepada Allah, maka beres si. Toh jaman rasulullah gak pernah ada psikotes, tapi orang orangnya udah langsung selesai dengan dirinya.

Barakallaah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar