Selasa, 28 Mei 2019

Mungkin tulisan ini hanya satu dari sekian banyak tulisan yang dibuat oleh orang orang yang ingin menceritakan bagaimana rasanya menjadi penerima manfaat dari Dompet Dhuafa.

Kita akrab manggil Dompet Dhuafa as DD. Dalam salah satu pertemuan, kita diminta bersyukur dan berterima kasih sama para dhuafa, kalo gak ada dhuafa namanya Dompet doang 😅🙄

Nah,
Sebagai penerima manfaat DD banyak banget yang kita dapetin, bahkan sangking banyaknya sampe lupa apa aja yang udah dirasain. Tapi beneran, setiap ketemu sama orang DD itu bisa meningkatkan ruhiyah dan semangat bermanfaat untuk umat berkali lipat.

Jadi disalah satu training, kita dibina sama orang keren dari DMC atau disaster management center. Kita diajarin banyak hal, banyaaaak banget. Tentang konsep bencana, apa itu bencana sampe apa yang harus kita lakukan kalo ada bencana. Bahkan hal apa yang bisa kita lakukan kalo ada bencana.

Saya seneng banget denger cerita cerita tim DMC ketika terjun menolong bencana. Saya selalu suka sama ide ide tim DMC. Mereka engga pernah mainstream. Ketika udah banyak yang bantu di dapur, logistik, dll, DD dengan kreatif nya nyari ide lain buat nolong mereka.

Kaya,
Misalnya pas banjir, orang DD bikin servis motor gratis. Atau laundry baju gratis. Dilain tempat justru malah ngasih layanan pijet gratis.

Rasa rasanya itu ide mainstream banget gitu 😅

Bahkan sampe kaya gak kepikiran buat ngadain sesuatu hal yang luar biasa gitu. Bayangin aja, ketika banjir orang orang mikirnya langsung pengungsian, baju, makanan, sekolah dll. Tapi DD bikin tempat servis motor gratis dong 😂

Menurut saya ide DD itu kreatif dan manfaatnya terasa bagi orang luas. Nolong tanpa pamrih dan siapa aja ditolong tanpa pilih pilih. Manfaat dari DD bisa dirasakan oleh semua orang.

Selain itu, DD itu suka banget bantu dalam bidang pemberdayaan manusia. Nah menurut saya ini juga keren. DD itu selalu ngasih pertolongan ke yang membutuhkan, tapi nolongnya itu dalam bentuk pemberdayaan yang nantinya ketika orang itu udah berdaya dan bisa memberdayakan orang lain, DD langsung pergi gitu aja. Bener bener pergi dan ngelepas tanpa minta timbal balik.

Duh kalo lagi pembinaan sama DD tu rasa rasanya mau nangis terus ngeliat betapa banyak orang yang butuh bantuan dan betapa kecil hal yang bis kita lakukan sendirian. Oleh karena itu kita perlu berpartner dan DD itu selalu keren dengan kolaborasi yang terus dilakukan dengan berbagai pihak. Bahkan DD hari ini udah sampe ke Hong kong, Australia, amerika.

Di DD Hong Kong mereka bikin program buat para TKI biar gak shock culture ketika harus pulang lagi ke Indonesia. Karena katanya mantan TKI itu sudah terbiasa hidup disiplin dan ketika ngeliat keluarganya di Indonesia hidup berantakan, mereka gak kuat, sering berantem kemudian pisah. Program DD Hong Kong salah satunya untuk mengurangi angka perceraian. Nah yang ini diceritain sama PM BaktiNusa yang pernah dikirim ke Hong-Kong.

Apalagi?
Program Rumah Siap Kerja.
DD itu ngeliat banyaknya pengangguran, akhirnya mereka buat rumah siap kerja yang isinya orang orang putus sekolah diajarin tentang reparasi alat elektronik. Setelah mereka punya keahlian dan bisa bikin usaha, DD langsung lepas gitu aja.

Bahkan kalo kalian ke Zona Madinah di Parung, DD punya banyak tempat pemberdayaan yang akhirnya sudah dilepaskan karena mereka bisa berdiri sendiri.

Gitu.
Terlalu keren DD itu kan.

Dan,
DD itu punya banyak beasiswa.

Saya termasuk yang hopeless ketika kuliah S1, gatau harus apply beasiswa apa karena semua butuh SKTM. Ketika ngeliat baktinusa, langsung lah berbunga bunga. Semuanya ada disitu.

Tahun 2017 apply dan alhamdulillah nya lolos, panjang lah ceritanya dan Allah baik banget ngizinin saya jadi bagian dari BaktiNusa ini.

Terus, selama di baktinusa banyak banget yang mengingatkan tentang kita ini harus bermanfaat buat orang lain, jangan sampe keberadaan diri kita gak ada manfaatnya.

Setiap kumpul kita selalu dibuat bermimpi sekaligus resah. Resah ngeliat Indonesia, resah ngeliat umat muslim dan resah dengan berbagai kondisi yang ada. Setelah resah, kita diajak merencanakan hal apa yang bisa kita lakukan untuk perbaikan di dunia ini.

Ah, saya banyak berpikir setelah di baktinusa ini.

Pun juga kita diwajibkan untuk memiliki ade ade binaan agar kebermanfaatan yang kita rasakan bisa dibagikan dan diteruskan oleh mereka.

Angkatan saya punya 64 PM, setiap orang minimal punya 8 binaan, 64×8 = banyak. Belom lagi dari angkatan pertama sampe sekarang. Dan lagi, setiap regional baktinusa punya gerakan sosial nya sendiri. Dan DD punya banyak program beasiswa selain baktinusa.

Huhuhu, kebermanfaatan itu semakin luas 😭😭😭

Diakhir temu nasional baktinusa, kita dengerin orasi terbaik dari ka panji PM BaktiNusa Bogor, ketua BEM IPB tahun 2017.

Ka panji berorasi hebat yang akhirnya ngebuat kita seruangan kembali berpikir. Yang akhirnya ngebuat diri ini ngerasa beruntung sekaligus sedih karena..... Selama ini kita dibina dengan uang ummat 😭😭😭😭

Bisa cek videonya di account Instagram DD pendidikan.

Sedih rasanya mengingat banyaknya orang orang yang zakat infaq sedekah di DD dan uang mereka salah satunya mengalir di darah penerima manfaatnya 😭

Kata ka panji lagi, betapa jahat nya kita kalo setelah uang umat itu mengalir di darah kita kemudian kita engga kembali ke umat.

Ah.
DD itu terlalu.... Apa ya.

Saya gatau apa yang sedang merasuki orang orang yang kemudian sibuk mengkritisi sampai menghina DD bahkan mengatakan kalo DD itu berafiliasi dengan salah satu partai bahkan sampe ke ISIS.

Emang pas kita masuk baktinusa pun bertanya tanya, DD ini "punya siapa." kita semua paham maksudnya apa. Dan hal itu saya tanyain ke supervisor baktinusa, mereka balik nanya, maksudnya punya siapa itu gimana. Ya saya juga bingung tapi biasanya lembaga gini ada yang punya.

Eh mereka cuma senyum dan bilang DD punya umat. Sederhana banget gitu.

Kesini sini akhirnya itu saya rasakan. DD emang punya umat. Gapernah sekalipun kita ngomongin bahkan diarahkan untuk menjadi bagian dari satu hal. Kita hanya mendiskusikan banyak hal, semuanya, semua yang bener bener semua hal kita diskusikan.

Jadi aneh aja rasanya orang orang yang baru sekali ngeliat laporan keuangan DD tanpa mengkaji lebih jauh atau melihat tweet, postingan dll langsung dengan mudahnya memberikan stigma negatif hingga akhirnya masyarakat beropini yang sama.

Saya siap sedia kalo ada yang mau diskusi tentang DD walaupun saya gatau banyak banyak banget tentang DD. Tapi rasanya dua tahun dibina DD cukup untuk mengenal, merasakan dan memahami apa itu DD dan apa yang dilakukan oleh DD.

Sebagai salah satu penerima manfaatnya, saya mungkin menjadi orang orang yang tak terlihat ya. Tapi percaya deh, banyak banget orang orang keren yang pernah merasakan manfaat DD.

Kaya, ketua PPI Dunia yang sekarang (lupa namanya) pernah jadi PM baktinusa.
Salah satu pendiri BEM SI pernah jadi PM Beasiswa Etos.
Kemudian ketua ketua bem, ketua lembaga, dll banyak yang jadi PM baktinusa.

Mereka mereka itu orang keren yang dibina dompet dhuafa. Jadi rasanya bersyukur banget kenal DD dan orang orang keren di dalamnya.

Sedangkan saya? Ah saya mah apa atuh heee.
Sekarang "cuma" sibuk jadi Perantara Kebaikan.
Iya, karena saya belom baik tapi ternyata banyak orang yang butuh pertolongan orang baik, akhirnya saya memutuskan untuk jadi perantara kebaikan. Yang menghubungkan orang orang yang saling membutuhkan biar kena pahalanya juga hehehhe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar