Kamis, 02 Juni 2016

Donor Darah!

Selamat menjadi pendonor!

Beberapa hari yang lalu, saat masih sibuk di dalam kelas, ada sebuah pesan di grup yang menarik perhatian.

"Yang mau donor darah ke rsg yaa."

Waah.
Dari pertama kenal donor mendonor, saya pengen banget ngedonor juga. Tapi setiap dateng ke tempat donor, selalu aja berat kurang. Ciee kurus.
Ada rasa bangga tersendiri gabisa donor karena beratnya kurang, bikin yang lain pengen~

Bertahun tahun saya datengin tempat donor darah, tapi selalu kurang beratnya. Sekalinya berat udah lewat standar minimal 45. Eh adanya kantong buat yang beratnya minimal 50.
Gak jodoh.

Bermodal nekat, akhirnya setelah kuliah saya datengin rsg. Isi data ini itu, terus masuk ruangan. Eh pas di ruangan ditanyain beratnya berapa, baru deh kepikiran buat nimbang.

Dan Alhamdulillah, beratnya cukup buat donor dan kantongnya ada buat saya hehe.

Ternyata setelah isi data, masih harus periksa darah, tensi, isi data lagi. Deg degan. Asli deg degan banget. Baru pertama ini bisa nyampe tahap itu. Pas di tes darahnya, saya udah waswas. Jadi itu darahnya diambil lewat tusukan yang tajem gitu dan itu sakit. Udah lama gak bedarah gitu. Uh, nyeri.

"Darahnya bagus kok."

Gilaaak.
Darahnya dibilang bagus.
Berarti saya lulus.
*makin panik.

Pas periksa tensi, sengaja curhat sama dokternya.

"Dok saya takut."

"Gapapa, gak sakit kok."

"Ini pertama banget nih."

"Oh disini banyak yang pertama kali ya."

"Duh dok saya deg degan."

"Santai aja. Relax."

Sambil nungguin kasur kosong, saya jalan ksana kemari. Mungkin kaya suami suami yang nungguin istrinya lahiran. Sampe akhirnya temen saya dateng, "na, jangan deg degan. Santai aja. Kalo deg degan terus tegang, nanti malah sakit loh."

Waahh makin panik deh. Ini gimana caranya biar tenang. Tarik nafas. Buang. Tarik lagi. Buang lagi.

Tenang tenang.

Istighfar banyak banyak.
"Hanya dengan mengingat Allah hati jadi tenang."

Istighfar aja saya selama nunggu.
Alhamdulillah tenang. Saat akhirnya saya dapet kasur buat diambil darahnya, perasaan lebih relax. Mba mbanya kaku banget. Hehe.

Nah terus segala prosedural dilakuin sampai akhirnya darah saya ngalir ke kantong. Tadinya saya mau liat prosesnya dari awal sampe akhir, tapi kata temen jangan diliat, eh saya nurut aja hahahaha.

Mbanya berkali kali nanya, "pusing gak?" saya jawab, "engga"

Rasanya saat darah ini keluar dari badan, beeeh. Biasa aja. Gak sakit juga. Gak mendadak lemes terus pingsan juga. Bener bener biasa aja. Tinggal paniknya doang si ngeliat darah segitu banyak keluar dari tangan.

Setelah donor dan dapet ini itu, akhirnya saya mikir.

Ini saya terakhir makan kemaren siang eh sekarang udah donor darah. Sehat sehat aja lagi. Darah saya diambil sekantong, kok ya gapapa.

Saya bukan anak biologi dan terakhir belajar tentang darah itu pas SMP jadi lupa teorinya.

Terus saya mikir lagi.

Keren ya.
Saya minum teh, makan nasi, minum yogurt, susu, makan sayur ini itu, eh berubah jadi darah. Bayangin aja darah saya berkurang sekantong banyak banget itu. Tapi ternyata badan saya bisa memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa harus dikasih darah lagi dari orang.

Bener beneeerrr.
Allah ya.
Kita aja, ciptaannya yang kaya gini sempurna banget. Ini aja baru saya, terus gimana orang lain yang puluhan itu yang donor darah juga? Terus gimana dengan semua orang di dunia?

Gak ada orang yang kelebihan darah sampe panik terus bingung cari tempat buat donor darah.
Sama kaya gak ada orang sehat yang kekurangan darah terus cari donoran darah.
Dan gak ada juga orang yang donor darah kemudian jadi kekurangan darah.

Ah saya mah gaperlu teori ini itu, saya mah cukup satu aja, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Kalo ngomongin kehebatan Allah gak akan ada abisnya. Tapi dari kehebatan itu semua, gimana caranya kita bisa bersyukur. Kita ini sempurna loh. Bahkan manusia yang lahir tanpa tangan, tanpa kaki, mereka juga sempurna. Toh tubuh mereka dengan mudahnya mengkondisikan bagian mana yang harus kena darah, yang butuh asupan energi dll.

Saya mah makin makin makin makin ngerasa gak ada apa apanya lah ya. Jangan sampe deh nyakitin Allah biar cuma sedikit
 Gak ada tuh kesalahan kecil. Nanti kalo Allah marah, abis lah saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar